Apa saja Susunan Matahari?

Apa saja Susunan Matahari?
Ilustrasi/idntimes.com
Matahari terdiri dari inti Matahari, zona radiatif, dan zona konvektif, yang membentuk lapisan dalam (interior); fotosfer, kromosfer, dan korona. Inti Matahari memiliki tekanan yang lebih besar 200 miliar kali dibanding tekanan yang ada di permukaan Bumi.

Di luar inti Matahari adalah fotosfer, yaitu sebuah daerah yang agak tipis, dengan kedalaman sekitar 500 kilometer. Cahaya fotosfer dapat terlihat, dan dari Bumi tampak berwarna kuning karena gas-gas panas pada fotosfer memancarkan cahaya dengan intensitas sangat kuat. Fotosfer kira-kira tersusun dari 94 persen hidrogen, 5,9 persen helium, dan 0,1 persen elemen-elemen lebih berat.

Di luar lapisan fotosfer adalah kromosfer, yaitu lapisan bawah atau yang paling dekat dengan fotosfer (bola warna). Lapisan kromosfer menjulang 12.000 kilometer di atas fotosfer, dengan ketebalan sekitar 2.400 kilometer, dengan suhu di bagian atasnya lebih dari 10.000 Kelvin.

Lapisan di atas kromosfer adalah korona, yaitu atmosfer Matahari paling luar. Korona disebut pula mahkota Matahari, dan kita bisa menyaksikannya dengan menggunakan teleskop khusus yang disebut koronagraf.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 2614042647016020733

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item