Mengapa Baju Dokter Bedah Berwarna Hijau?

Mengapa Baju Dokter Bedah Berwarna Hijau?
Ilustrasi/grid.id
Para dokter biasa mengenakan baju berwarna putih, karena melambangkan kebersihan. Namun, para dokter bedah mengenakan baju berwarna hijau. Sebenarnya, dokter bedah juga sebelumnya mengenakan pakaian putih, sampai kemudian ditemukan bahwa baju hijau lebih baik dibanding baju putih ketika berada di ruang bedah, ketika para dokter itu sedang serius melakukan pembedahan pada pasien.

Alasan yang mendasari penggunaan baju warna hijau di ruang bedah adalah karena warna itu lebih nyaman di mata. Di ruang bedah, para dokter akan melihat banyak darah yang, tentu saja, berwarna merah. Dalam hal warna, lawan merah bukan putih, melainkan hijau. Karena itu, penggunaan baju hijau membantu para dokter bedah melihat secara lebih baik di ruang pembedahan.

Seperti yang disebut di atas, selama melakukan pembedahan pada pasien, para dokter bedah akan menyaksikan banyak benda berwarna merah, termasuk organ-organ tubuh yang berlumuran darah saat pembedahan. Melihat warna merah terus menerus menyebabkan sinyal warna merah pada otak memudar sensitifitasnya terhadap variasi warna merah. Karena itu, melihat warna hijau pada pakaian mereka akan membantu menyegarkan mata para dokter bedah.

Kemudian, terus menerus berfokus pada warna merah akan menyebabkan ilusi berwarna hijau pada latar warna terang atau putih. Hal itu tentu akan mengganggu penglihatan dokter di ruang bedah. Karenanya, warna baju berwarna hijau juga ditujukan agar ilusi tersebut memudar, sehingga dokter bedah tidak terganggu penglihatannya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 5552511995999849928

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item