Mengapa Bulan Selalu Mengelilingi Bumi?

Mengapa Bulan Selalu Mengelilingi Bumi?
Ilustrasi/istimewa
Semua benda di alam semesta memiliki daya tarik-menarik. Daya tarik-menarik itu disebut gravitasi. Daya gravitasi juga ada di antara bumi dan bulan. Tetapi, karena daya gravitasi bumi lebih besar, maka bulan pun mengelilingi bumi.

Namun, selain memiliki daya tarik menarik, bulan juga memiliki daya untuk menjauh dari bumi. Karena itulah bumi dan bulan tidak pernah berbenturan. Kedua daya itu—daya menarik dan daya menjauh—membentuk keseimbangan, sehingga posisi bumi dan bulan tidak menjauh dan juga tidak mendekat.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 1829410861598808505

Posting Komentar

  1. Tapi knp diberitakan bahwa bulan menjauh 4cm ( kalau tdk salah ) setiap tahunnya.
    Gaya tarik menarik ini apakah yg disebut sbg tidal locking?
    Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, baru dengar. Coba nanti dipelajari dulu ya.

      Hapus
  2. Kenapa bulan mengitari bumi, bukan matahari? Padahal katanya makin besar suatu benda, makin besar gaya gravitasinya. Apa gara-gara karena jarak bumi lebih dekat ke bulan, jadi pengaruh bumi lebih besar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bulan mengitari matahari Mbak cm dia tidak bisa lari Dari bumi karena Gaya gravitasi bumi sehingga bulan mengikuti bumi untuk mengitari matahari..

      Hapus
  3. Kenapa space station tidak jatuh ? Padahal jarak bumi dengan space station lebih dekat daripada jarak bumi ke bulan. Kalau menurut teori buku, bukannya seharusnya gaya gravitasi itu semakin besar ketika jarak suatu benda itu semakin dekat ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah anda pernah melihat langsung space station ? Pasti belum kan ? Sama, saya juga belum mas. Dikatakan oleh wikipedia space station berada pada ketinggian sekitar 360km low earth orbit (LEO). Nah, yg jadi pertanyaan pada jarak ini seharusnya space station jatuh kerena tertarik oleh gravitasi bumi, tapi mereka beralasan karena satelit mengorbit bumi dengan kecepatan 28.000km/jam wah kecepatan yg fantastis, bagaimana bisa dengan kecepatan seperti itu para astronout santai melayang di luar space station, bukankah itu suatu yg tidak mungkin... Sungguh aneh ini patut dicurigai apakah space station, satellite, pergi ke luar angkasa dsb itu adalah benar atau hanya sebuah kebohongan besar oknum2 tertentu

      Hapus
    2. Apakah anda sudah oernah meilhat space station secara langsung ? Pasti belum kan ? Yap sama saya juga belum mas hehe. Dikatakan oleh wikipedia yg sumbernya diambil dari NASA, bahwa space station berada pada ketinggian sekitar 360km atau berada pada low earth orbit (LEO). Nah, yv jadi pertanyaan kok bisa dalam ketinggian segitu space station gk jatuh karena daya tarik bumi atau yg biasa kita sebut gravitasi bumi, dengan alasan yg masuk akal secara matematika yaa bukan keyataan hehe, katanya space station ataupun satelitte dan sebagainya lah yg berada pada ketinggian tersebut harus mengorbit bumi agar tidak jatuh, nah berapa si kecepatanya dengan diameter bumi 12.742km dengan perhitungan matematika didapatlah 28.000km/jam. Jadi intinya space station atau satelit atau benda apalah yg pada ketinggian tersebut harus mempunyai kecepatan 28.000km/jam... Gialaaaa. Yg jadi masalahnya itu panel2nya kagak rontok apa ?, terus para astronout bisa melayang santai di luar space station padahal kecepatannya super cepat. Ini yg patut dicurigai, apakah benar space station itu ada ? Apakah benar satelit itu ada, apakah mungkin org2 pernah ke luar angkasa ?... Coba kita telaah lagi

      Hapus
    3. Numpang sharing ya :)

      ISS
      Tinggi orbit: 400 km
      Kecepatan di orbit: 7,66 km/s
      Kecepatan maks: 27.600 km/jam
      Tanggal peluncuran: 20 November 1998

      Kenapa ISS dan Astronot tidak hancur pada kecepatan 27.600 km/jam Karena semakin kita menjauh dari bumi maka tingkat kepadatan atom juga semakin kecil sehingga walaupun ISS itu bergerak sangat cepat tidak akan merusak ISS tersebut karena tidak adanya gesekan partikel atom di luar angkasa/ruang hampa.

      mohon dikoreksi jika salah

      Hapus
  4. Mengapa tdk rontok ?biar saya jawab sebenarnya semua yg ada didekat bumi itu akn tertarik oleh gaya gravitasi.semakin dekat benda itu semakin besar gravitasinya sebaliknya semakin jauh maka gravitasinya semakin kecil.seperti satelit yg berada di ketinggian 360 km itu tdk jatuh dikarenakan gravitasinya sedikit.dan ketinggian 350 km hrus mempunyai kecepatan 28000km/j.jawabanya ialah karena bumi berputar atw berotasi.maka satelit pun ikut berputar mengikuti bumi.jadi satelit sebenarnya diam hanya rotasi bumi yg membuat ikut berputar.seperti contoh bulan mengapa bulan mengelilingi bumi .jawabannya ialah karena rotasi bumi namun karena jaraknya yg sangat jauh sekita 230.000km -+.maka utk satu kali putaran 30 hari.berbeda dengan satelit buatan manusia karena jaraknya skitar230km tidak terlalu jauh maka perputaran pun tdk terlalu lama sama seperti di bumi 1hri .dan knapa bisa berputar ialah gaya gravitasi bumi dan rotasi bumi .benda itu tertarik bumi dan karena bumi berputar maka benda itupun berputar.begitu penjelasan dari saya semoga bermanfaat .jika kurang silahkan bertanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diberitakan ada 13.000 satelit pada ketinggian dan kecepatan tersebut. Memang tidak ada kemungkinan satelit akan saling bertabrakan? Lalu, dengan kecepatan yang sekian cepatnya berapa waktu sekali satelit harus diisi bahan bakar untuk bergerak?

      Hapus
  5. Menggapa bulan itu terkadang jauh dari bumi dan terkadang dekat?
    Apakah setiap sudut bumi dan bulan itu gaya gravitasinya berbeda?
    Sehinga bulan itu terkadang dekat dengan bumi dan terkadang jauh.

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item