Apa Ubur-ubur Terbesar di Dunia?

Apa Ubur-ubur Terbesar di Dunia?
Ilustrasi/istimewa
Ubur-ubur terbesar di dunia adalah Lion’s Mane Jellyfish (Cyanea capillata), yang merupakan spesies terbesar dari jenis ubur-ubur. Hewan ini memiliki diameter mencapai 6 meter, dengan bobot mencapai 200 kilogram, dan tentakelnya dapat menjulur sepanjang 37 meter lebih.

Tentakelnya terdiri dari 8 ikatan, yang setiap ikatannya terdiri dari sekitar 100 cabang tentakel. Ubur-ubur ini diketahui telah ada sejak 650 juta tahun yang lalu, lebih tua dari dinosaurus.

Hewan ini memiliki habitat di samudera Arktik, utara samudera Atlantik, dan samudera Pasifik. Meski ukurannya sangat besar, namun ubur-ubur ini hanya memakan plankton serta ikan-ikan kecil.

Hewan laut yang 95 persen tubuhnya terdiri dari air ini biasa berenang di kedalaman yang tidak lebih dari 20 meter, dan hidup di suhu air yang sangat dingin. Rata-rata mereka memiliki masa hidup 1 tahun.

Selain berukuran raksasa, tentakel ubur-ubur ini juga beracun. Sengatannya bisa menyebabkan iritasi, lecet, kram otot, dan yang terparah bisa mengganggu pernapasan serta fungsi jantung.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Hewan Air 3548413844913607297

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item