Ular Purba apa yang Paling Besar?

Ular Purba apa yang Paling Besar?
Ilustrasi/istimewa
Para ilmuwan di Kolombia menemukan fosil ular prasejarah yang dianggap sebagai ular terbesar yang pernah ada di dunia. Fosil monster itu ditemukan di sebuah tambang batu bara di wilayah tropis Cerrejon, Kolombia, dan diberi nama Titanoboa cerrejonensis.

Berdasarkan fosilnya, ukuran ular itu diperkirakan sepanjang 14 meter, dengan berat yang mencapai lebih dari 1 ton. Diperkirakan pula, ular raksasa itu hidup di Bumi sekitar 58 juta hingga 60 juta tahun lalu.

Ular adalah jenis hewan poikilotherms (berdarah dingin), yang memerlukan panas dari lingkungan mereka merayap untuk dapat membangkitkan metabolisme.

Karena itu, dengan penemuan fosil ular raksasa tersebut, para ilmuwan pun memperkirakan ular itu hidup di ekosistem tropis Amerika Selatan dengan temperatur yang saat itu mencapai sekitar 33 derajat Celcius, atau sekitar 10 derajat lebih hangat dibandingkan saat ini.

Sebagian besar populasi ular saat ini terdapat di wilayah tropis Amerika Selatan dan Asia Tenggara. Temperatur di Amerika Selatan dan Asia Tenggara memungkinkan hewan ini berkembang hingga mencapai ukuran besar.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Hewan Purba 5376783216311860503

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item