Apa Fungsi Warna Hitam-Putih pada Tubuh Zebra?

Apa Fungsi Warna Hitam-Putih pada Tubuh Zebra?
Ilustrasi/istimewa
Hingga saat ini, para ilmuwan masih terus mencari jawaban atas pertanyaan sederhana itu. Dr. Tim Caro, dari University of California, bersama ilmuwan lain, telah menuliskan hasil penelitian mereka atas subjek ini di Philopichal Transactions of The Royal Society, namun mereka belum bisa menyimpulkan apa manfaat atau fungsi warna hitam putih pada tubuh zebra.

Charles Darwin dan Alfred Russel Wallace juga masih ragu bagaimana proses evolusi membentuk garis-garis pada zebra. Wallace hanya menyebut pola itu membantu hewan tersebut untuk berbaur dengan lingkungan dalam upaya menghindari predator.

Namun, hal itu juga masih membuka tanda tanya, karena garis-garis di tubuh zebra juga dapat menjadi tanda yang mengundang makhluk buas semacam singa atau leopard untuk datang. Di saat malam atau terang bulan, misalnya, zebra yang sedang minum di pinggiran sungai juga sangat jelas tampak dari kejauhan.

Selain itu, di wilayah Afrika Selatan, garis hitam putih pada tubuh zebra juga tidak dapat menyediakan perlindungan apa pun. Misteri garis itu sampai kini belum terpecahkan, dan para ilmuwan hanya menduga garis itu untuk membantu proses pendinginan tubuh atau untuk mengusir lalat. Namun belum ada jawaban yang pasti.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Hewan Darat 7552277852330015541

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item