Bagaimana Caranya agar Apel Tidak Berubah Cokelat Setelah Diiris?

Bagaimana Caranya agar Apel Tidak Berubah Cokelat Setelah Diiris?
Ilustrasi/istimewa
Kadang-kadang, kita membutuhkan potongan-potongan apel untuk menyajikan suatu hidangan. Namun, karena apel akan berubah warna menjadi kecokelatan setelah diiris, tampilannya pun jadi tak menarik lagi. Bagaimana caranya agar apel tidak berubah warna menjadi cokelat setelah diiris?

Untuk tujuan tersebut, kita bisa melakukan blanching. Blanching adalah perlakuan panas terhadap bahan dengan cara merendamnya di dalam air mendidih atau pemberian uap air panas dalam waktu singkat. Tujuan proses blanching adalah menginaktifkan enzim, terutama enzim peroksidase dan katalase, agar proses pencokelatan tidak terjadi.

Selain itu, blanching juga memberi manfaat lain, di antaranya membunuh mikroba (terutama yang tidak tahan terhadap panas), menghilangkan gas-gas yang ada dalam sel/jaringan buah sehingga akan menaikkan kualitasnya, menghilangkan senyawa-senyawa lilin pada permukaan buah, juga untuk mempertajam warna serta aroma.

Jika ingin melakukan blanching untuk apel, kita bisa mengupas apel dan memotong-motongnya, kemudian potongan-potongan apel itu dimasukkan/direndam dalam air panas dengan suhu 82 sampai 93 derajat Celcius, atau bisa pula diasapi dengan uap panas selama 3 menit.

Akan lebih bagus jika setelah itu potongan-potongan buah apel juga direndam dalam larutan vitamin C, dengan ukuran 200 miligram per liter (1 tablet kecil vitamin C untuk 1 liter air) selama beberapa menit.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 7903267163239957107

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item