Mengapa Orang Jepang Memuja Maneki Neko?

Mengapa Orang Jepang Memuja Maneki Neko? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Ada banyak legenda Jepang yang mengisahkan asal usul Maneki Neko, sehingga masyarakat di sana memujanya sebagai pembawa keberuntungan. Di antara banyak legenda yang dikenal, ada satu yang paling terkenal, yaitu legenda Perempuan Tua dari Imado.

Legenda itu mengisahkan seorang perempuan tua yang hidup pada akhir zaman Edo (abad ke-19) di Imado, Tokyo bagian timur. Perempuan itu hidup sangat miskin, hingga ia tak mampu lagi merawat kucing yang dipeliharanya.

Sampai suatu hari, karena telah kehabisan segalanya, perempuan itu berkata pada kucingnya, “Maafkan aku. Mulai hari ini aku tak bisa lagi memberimu makan, karena sudah tak punya apa-apa lagi.”

Malam harinya, perempuan itu bermimpi. Dalam mimpinya, kucing peliharaannya berkata, “Buatlah patung diriku dari tanah liat, dan patung itu akan membawa keberuntungan bagimu.”

Keesokan harinya, perempuan itu pun mengumpulkan tanah liat di sekitar rumahnya, dan membuat patung kucingnya. Ajaib, banyak orang berdatangan untuk membeli patung kucing itu, sehingga si perempuan pun bisa mendapatkan uang, dan lama-lama bisa meninggalkan kemiskinannya.

Dari kisah legenda itulah kemudian masyarakat Jepang memuja patung kucing yang disebut Maneki Neko.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 130953026297480641

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item