Apa sih Maneki Neko itu?

 Apa sih Maneki Neko itu? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Maneki Neko adalah patung kucing yang dipercaya masyarakat Jepang dapat membawa keberuntungan. Di Jepang, Maneki Neko biasanya menjadi figur patung kucing yang diletakkan di depan tempat usaha, semisal restoran, toko, kafe, atau lainnya.

Patung itu menggambarkan kucing lokal dari jepang (Japanese Bobtail), dengan salah satu kaki depan terangkat, seolah sedang melambai-lambai.

Kadang-kadang, Maneki Neko menunjukkan kaki berbeda yang diangkat. Kepercayaan mengenai kaki mana yang terangkat itu berbeda-beda, tergantung waktu dan tempat. Kepercayaan paling umum menyebutkan kalau kaki kiri yang terangkat berfungsi untuk menarik pelanggan, sedangkan kaki kanan yang terangkat bertujuan menarik kemakmuran dan keberuntungan.

Dipercaya pula, semakin tinggi kaki terangkat semakin besar keberuntungan atau kemakmuran yang akan datang.

Karena dipercaya sebagai pembawa keberuntungan, figur kucing itu pun telah diproduksi menjadi berbagai alat dan bentuk, seperti gantungan kunci, celengan, pengharum ruangan, dan lain-lain.

Berbagai bahan juga dipergunakan untuk membuatnya, dari yang murah seperti plastik, kayu, dan kertas, sampai yang mahal seperti jade atau giok. Berbagai bentuk, warna, dan ornamen tambahan, dipercaya mempunyai fungsi tertentu.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 7391197474190007892

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item