Mengapa Asap Bisa Keluar dari Cerobong, tapi Hujan Tak Bisa Masuk?

Di negeri-negeri yang dingin, banyak rumah yang dilengkapi perapian untuk menghangatkan diri. Perapian itu biasanya dilengkapi cerobong yan...


Di negeri-negeri yang dingin, banyak rumah yang dilengkapi perapian untuk menghangatkan diri. Perapian itu biasanya dilengkapi cerobong yang mengeluarkan asap keluar. Lalu mengapa asap bisa keluar dari cerobong itu, tapi hujan tak bisa masuk melalui cerobong yang sama hingga airnya memasuki rumah?

Sebagian cerobong asap dilengkapi tudung sebagai penutup bagian atas. Tudung itu melindungi cerobong dari kemungkinan kemasukan air ketika hujan turun. Namun, meski ada tudung di atas cerobong, asap tetap bisa keluar, karena tudung tidak menutup lubang cerobong secara rapat (ada bukaan di bawah tudung) sehingga asap tetap bisa menerobos keluar dengan mudah.

Selain itu, cerobong asap umumnya dibuat menggunakan bahan-bahan yang mudah menyerap air. Pada bangunan-bangunan tertentu, sebanyak apa pun air hujan yang masuk ke cerobong, air itu akan terserap oleh bata atau batu dalam struktur cerobong, sehingga cerobong bahkan tidak memerlukan tudung di atasnya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Iptek 1483048676343535481

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item