Mengapa Kertas Koran Lebih Mudah Disobek ke Arah Vertikal?

Mengapa Kertas Koran Lebih Mudah Disobek ke Arah Vertikal?
Ilustrasi/istimewa
Kertas koran dibuat menggunakan berbagai macam bahan dari serat kayu. Serat-serat itu ditempatkan di dalam mesin pencetak dalam bentuk pulp atau bubur kertas, yang terdiri dari 80-90 persen air, meski kertas koran akan mengering sewaktu masih dalam mesin.

Mesin cetak dirancang sedemikian rupa, hingga serat kertas berada dalam posisi vertikal, agar kertas tidak mudah sobek ke arah horisontal.

Serat kertas dibariskan dalam satu arah dengan tujuan untuk memperkuat kertas ketika proses pencetakan sedang berlangsung. Karena, jika terjadi sobekan pada satu lembar saja, hal itu akan membahayakan seluruh proses pencetakan, khususnya pada biaya dan waktu cetak.

Dengan kata lain, kertas koran sengaja dibuat memiliki serat yang satu arah, sebagaimana sehelai kain. Apabila kita menyobek kertas koran ke arah vertikal, kita menyobek mengikuti serat, atau di antara serat-serat, sehingga kertas koran pun lebih mudah disobek, dan hasil sobekannya lebih lurus dibanding jika kita menyobek kertas koran dalam arah horisontal.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Umum 3840919965007300723

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item