Kafein ternyata Bisa Menghambat Perkembangan Otak Remaja

Kafein ternyata Bisa Menghambat Perkembangan Otak Remaja, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/icr.org
Minuman energi yang banyak beredar di pasar ditujukan untuk orang dewasa. Karenanya, jika minuman semacam itu dikonsumsi remaja dan anak-anak, hasilnya bisa memicu insomnia yang ujung-ujungnya menghambat perkembangan otak mereka. Kesimpulan itu diperoleh sekelompok tim peneliti dari University Children’s Hospital di Zurich.

Para peneliti melakukan eksperimen dengan menggunakan tikus di laboratorium. Tikus-tikus itu diberi 300-400 miligram air berkafein. Kandungan kafein sebanyak itu setara dengan empat kaleng minuman energi, atau tiga hingga empat cangkir kopi.

Hasilnya, ketika tikus muda diberi air berkafein, mereka cenderung kurang tidur daripada saat meneguk air putih. Pada akhir studi, pemangkasan koneksi sel dalam otak mereka juga tidak berfungsi.

Tim peneliti menegaskan, meski ada perbedaan pada otak manusia dan tikus, namun banyak kesamaan dalam bagaimana otak berkembang, sehingga perlu dipertanyakan konsumsi kafein pada anak dan remaja dewasa.

Penelitian itu lebih fokus pada perkembangan otak masa remaja ke dewasa. Pada waktu seseorang akan beralih ke masa dewasa, synapses (koneksi antara sel yang tidak dibutuhkan) dihilangkan, dan proses itu dilakukan saat manusia tidur.

Profesor Reto Huber, salah satu peneliti, menyatakan, “Optimalisasi itu terjadi saat manusia tidur nyenyak, saat synapses utama berkembang, synapses lainnya dikurangi, dan hal itu yang membuat jaringan dalam otak jauh lebih efisien serta lebih kuat.”

Dalam 30 tahun terakhir, konsumsi kafein rata-rata remaja dewasa meningkat hingga lebih dari 70 persen. Para peneliti menyatakan, kandungan kafein bisa menghalangi pertumbuhan otak masa remaja dewasa karena tidak mendapatkan cukup tidur.

Yang mengkhawatirkan, dalam masa kritis pertumbuhan tersebut bisa memicu skizofrenia, kecemasan, penggunaan obat terlarang, dan masalah kepribadian.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Tubuh Manusia 190625071364208331

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item