Konsumsi Selai Kacang Sejak Dini Memperkecil Risiko Kanker Payudara

Konsumsi Selai Kacang Sejak Dini Memperkecil Risiko Kanker Payudara, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/kompas.com
Kacang dan selai kacang diketahui memiliki kandungan lemak sehat dan protein. Menyangkut hal tersebut, penelitian terbaru menyatakan bahwa wanita muda yang gemar mengonsumsi selai kacang berisiko lebih rendah mengidap kanker payudara. Kesimpulan itu disampaikan oleh tim peneliti dari Washington University School of Medicine di St. Louis, dan Harvard Medical School.

Penelitian dilakukan berdasarkan data kesehatan terhadap 9.039 remaja putri Amerika Serikat berumur 9-15 tahun dalam The Growing Up Today Study dari 1996 hingga 2001. Pada tahun 2005-2010, saat partisipan sudah berumur 18-30 tahun, mereka diminta melaporkan apakah mereka didiagnosis penyakit payudara jinak yang telah dikonfirmasi lewat biopsi payudara.

Tim peneliti menemukan, partisipan yang mengonsumsi selai kacang atau kacang dua hingga tiga kali seminggu memiliki risiko 39 persen lebih rendah mengidap penyakit payudara.

Hasil studi yang diterbitkan di jurnal Breast Cancer Research and Treatment itu juga menyatakan bahwa kacang, lentils, kacang kedelai, dan jagung juga bisa mencegah penyakit payudara, namun konsumsi bahan makanan tersebut jauh lebih rendah pada partisipan, dan bukti yang ada masih lemah.

Graham Colditz, MD, kepala peneliti dari Washington University School of Medicine, menyatakan, “Hasil studi kami mengusulkan bahwa konsumsi selai kacang bisa membantu menurunkan risiko kanker payudara pada wanita.” Melihat angka obesitas yang semakin tinggi, ia pun mendorong para remaja putri untuk mengganti konsumsi junk food dengan selai kacang.

Studi sebelumnya telah menghubungkan konsumsi selai kacang, kacang, dan sayuran untuk menurunkan risiko kanker payudara. Tetapi, data studi terdahulu didapatkan dari ingatan para partisipan mengenai pola makan masa SMA. Sementara studi terbaru ini merupakan yang pertama menggunakan data dari laporan kesehatan selama bertahun-tahun.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Tubuh Manusia 4309101093783585417

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item