Apa yang Disebut Black Death?

Apa yang Disebut Black Death?
Ilustrasi/time.com
Black Death adalah sebutan untuk wabah penyakit mengerikan yang pernah menimpa manusia, yang membunuh puluhan juta orang antara tahun 1347-1351. Di Eropa saja, Black Death menewaskan 25 juta orang, yang sama artinya dengan sepertiga penduduk benua itu.

Black Death berupa penyakit pes dan radang paru-paru. Penyakit itu diperkirakan bermula di Cina, ditularkan pada orang-orang Eropa ketika seorang Mongol menyerbu sebuah pesta di tengah pusat perdagangan Genoese di Crimea, dengan melemparkan mayat yang terinfeksi ke tengah orang-orang.

Wabah itu memasuki Genoa pada 1347, menyebar ke barat dan utara, hingga mencapai London dan Paris pada 1348. Wabah itu dibawa kutu tikus yang juga dapat hidup pada tubuh manusia, dan menjadi penyebab penyakit radang paru-paru yang ditularkan lewat batuk dan bersin.

Selama wabah Black Death terjadi, berbagai tempat dipenuhi mayat-mayat bergelimpangan, sementara kota-kota dan desa-desa menjadi sunyi. Setelah masa itu terlewati, terjadi kelangkaan tenaga kerja, hingga upah pekerja pun naik tinggi, dan peradaban baru dibangun kembali.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 8603415073393355928

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item