Kapan Lahirnya Plat Nomor Kendaraan?

Kapan Lahirnya Plat Nomor Kendaraan? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/cintamobil.com
Plat nomor kendaraan muncul nyaris bersamaan dengan lahirnya mobil, atau awal transisi dari kendaraan berkuda, yakni antara 1890 hingga 1910. Sejak tahun 1901, negara bagian New York di Amerika Serikat mulai mengharuskan penggunaan plat nomor untuk kendaraan. Semula, plat nomor tidak dikeluarkan pemerintah. Di banyak wilayah di Amerika, para pemilik kendaraan diharuskan membuat plat nomor sendiri.

Pada tahun 1903, negara bagian Massachusetts dan West Virginia menjadi yang pertama dalam hal menerbitkan plat nomor kendaraan.

Pada masa itu, plat nomor tidak dibuat dari alumunium seperti sekarang, tapi dari porselen yang dibakar menjadi besi, atau keramik biasa yang tidak dibakar, sehingga mudah pecah dan tidak praktis. Beberapa bahan lain yang juga sempat dijadikan bahan pembuatan plat nomor di antaranya karton, plastik, tembaga, hingga kulit.

Semula, plat nomor memiliki berbagai bentuk dan ukuran, sehingga kalau dipindahkan antar kendaraan harus dibuat lubang baru untuk memasukkan baut ke bumper. Memasuki tahun 1957, pabrik-pabrik mobil memulai kesepakatan dengan berbagai pemerintahan dan organisasi standar internasional untuk membuat standar baku dalam hal pembuatan plat nomor bagi kendaraan.

Hasil kesepakatan itu adalah tiga standar yang diberlakukan bagi negara-negara di belahan Barat bumi (berukuran 15x30 sentimeter atau 6x12 inci), standar Uni Eropa (berukuran 11x52 sentimeter), dan standar yang dipakai di Australia serta negara-negara Asia-Pasifik, yang ukurannya bervariasi—lebih panjang dibanding model negara Barat, namun lebih tinggi dari plat Uni Eropa.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 6314722069953565539

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item