Manfaat Kopi dan Teh untuk Kesehatan Liver

Manfaat Kopi dan Teh untuk Kesehatan Liver, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/devenews.com
Penelitian menyangkut kopi bisa dibilang tak pernah selesai. Sebagian peneliti menemukan efek negatifnya, sementara peneliti lain menemukan efek positifnya. Untuk efek yang positif, penelitian yang dilakukan di Skotlandia menyebutkan bahwa kopi bermanfaat untuk mencegah penyakit liver.

Hugh Tunstall, pakar dari Pedoe and Medical School di Dundee, Skotlandia, menyatakan bahwa para peminum kopi memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkenal penyakit liver yang mematikan. Ia menghasilkan kesimpulan itu setelah mengamati 11 ribu orang berusia 40 sampai 59 tahun di negaranya, selama satu dekade.

Lalu bagaimana dengan teh? Teh juga dipercaya memiliki efek positif untuk kesehatan hati. Hasil penelitian juga menemukan fakta bahwa orang yang rutin meminum teh setidaknya secangkir sehari, memiliki risiko 44 persen lebih rendah terkena serangan jantung dibanding yang tidak biasa minum teh.

Teh mengandung flavonoid yang dapat menetralkan zat kimia berbahaya, yang disinyalir dapat menghancurkan sel-sel yang berakibat pada penyakit stroke, kanker, dan serangan jantung. Intinya, dalam penelitian ini, Hugh Tunstall tidak menemukan pengaruh buruk kopi yang ada hubungannya dengan penyakit jantung.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Tubuh Manusia 3047585092451564210

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item