Jogging Sebaiknya Jangan Terlalu Pagi, Ini Alasannya

 Jogging Sebaiknya Jangan Terlalu Pagi, Ini Alasannya, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/kompasiana.com
Banyak orang berolahraga atau jogging selepas subuh, ketika hari masih gelap. Merujuk pada hasil penelitian yang dilakukan menyangkut hal ini, ada baiknya uintuk mengubah jadwal tersebut, dan memulai jogging atau olahraga pagi ketika hari sudah agak terang.

Karena polusi udara di sisa malam yang kaya karbon monoksida membuat orang mudah capek. Akibatnya, latihan dan aktivitas jadi kurang bergairah.

Haim Bitterman dan sejawatnya di Carmel Medical Centre, Haifa, Israel, menemukan fakta tak menggembirakan mengenai polusi udara pagi tersebut. Karbon monoksida memiliki pengaruh buruk pada latihan yang dilakukan penggemar olahraga pagi. Yang jadi masalah, karbon monoksida tidak kasatmata, tidak berbau, dan tidak berwarna, sehingga umumnya tidak terdeteksi oleh kita.

Karbon monoksida merupakan gas yang menjadi unsur penting penyebab polusi udara yang merupakan produk samping pembakaran.

Karbon monoksida menghalangi kemampuan darah untuk mengangkut oksigen ke jaringan tubuh, termasuk ke organ-organ vital seperti jantung dan otak. Karbon monoksida dapat mengakibatkan kerusakan serius pada manusia, bahkan pada takaran tinggi bisa mengakibatkan kematian.

Hasil penelitian ini dipublikasikan di Jurnal Occupational and Environmental Medicine.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Tubuh Manusia 5438448891283859927

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item