Apa yang Disebut Gerakan Renaissance?

Apa yang Disebut Gerakan Renaissance? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/realmofhistory.com
Renaissance adalah revolusi besar dalam seni dan pemikiran di Italia, yang kemudian menyebar ke Eropa pada sekitar tahun 1300-1500. Renaissance berasal dari bahasa Latin, “Renascaro”, yang artinya “Kelahiran Kembali”. Gerakan itu merupakan kebangkitan kembali atas ketertarikan terhadap karya klasik dunia dari Yunani dan Romawi.

Renaissance berawal dari keraguan masyarakat bahwa Geraja memiliki semua jawaban. Karenanya, para cendekiawan secara bertahap mengembangkan humanisme, yaitu ide bahwa manusia merupakan pusat dari segala hal, bukan Tuhan.

Pendorong Renaissance adalah kejatuhan Konstantinopel pada tahun 1453, yang membuat para cendekiawan Yunani kabur ke Italia, tempat mereka mendirikan akademi-akademi di kota-kota seperti Florence dan Padua.

Para seniman di masa Renaissance terinspirasi contoh-contoh klasik, dan mulai mencoba serta meletakkan manusia sebagai pusat karya mereka, dan melukiskan manusia serta alam secara realistis—bukan sebagai simbol-simbol agama. Pada masa Renaissance itulah karya-karya hebat terlahir ke dunia.

Pada sekitar tahun 1400, seniman seperti Donatello menciptakan lukisan dan patung-patung yang sangat realistis. Seniman besar lain yang juga hidup di masa itu adalah Michaelangelo, Raphael, dan Leonardo DaVinci. Memasuki akhir tahun 1400, ide-ide Renaissance menyebar ke Eropa Utara.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 3889180350111230983

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item