Negara-negara Terbaik untuk Wisata Bunga

 Negara-negara Terbaik untuk Wisata Bunga
Ilustrasi/istimewa
Ada banyak motivasi para wisatawan datang berkunjung ke suatu tempat. Karena ingin menikmati keindahan kotanya, ingin mencicipi aneka hidangannya yang lezat, ingin merasakan pesona alamnya, dan lain-lain. Karenanya, dalam kegiatan wisata kita mengenal istilah wisata alam, wisata kuliner, wisata religi, hingga wisata bunga.

Jika wisata kuliner sangat digandrungi orang-orang yang suka mencoba dan menikmati makanan enak di berbagai tempat, maka wisata alam atau wisata bunga disukai orang-orang yang mengagumi keindahan alami serta pesona bunga-bunga. Di berbagai tempat, banyak wisatawan yang sengaja datang ke suatu negara hanya untuk menyaksikan keindahan taman-taman bunganya.

Taman-taman bunga yang dijadikan tujuan wisata itu tentu jauh berbeda dengan taman bunga seperti yang mungkin kita kenal atau biasa kita saksikan. Di berbagai negara, ada taman-taman bunga yang secara khusus dibangun untuk tujuan wisata.

Taman-taman itu memiliki ukuran raksasa, dengan koleksi bunga berjumlah ribuan hingga jutaan, dan pesona serta keindahan yang ditimbulkannya benar-benar mampu membuat para pengunjung merasa sedang berada di alam khayalan.

Berikut ini beberapa negara yang memiliki taman-taman bunga atau tempat-tempat sangat indah penuh bunga, yang siap memanjakan wisatawan pemuja keindahan dan pesona lembut bunga-bunga.

Belanda

Selain terkenal sebagai Negeri Kincir Angin, Belanda juga terkenal sebagai Negeri Tulip, karena kekayaan dan keindahan bunga tulip yang mereka miliki. Bunga itu pula yang menjadi salah satu andalan Belanda dalam menarik wisatawan dari luar negeri yang ingin berwisata bunga.

Salah satu taman bunga terkenal di Belanda adalah Keukenhof, yang terletak di daerah Lisse, sekitar satu jam dari Amsterdam. Taman bunga itu sering disebut The Garden of Europe karena keindahannya.

Di taman seluas 32 hektar itu terdapat lebih dari 7 juta bunga tulip, daffodil, hyancints, serta bunga-bunga lain. Selama musim semi, yang biasanya berlangsung sepanjang April sampai September, bunga-bunga di sana akan mekar berwarna-warna seperti pelangi.

Selain di taman Keukenhof, banyak kebun bunga di Belanda yang juga sangat indah. Biasanya, pada musim semi, bunga-bunga yang sedang mekar itu akan dipanen, untuk kemudian diekspor ke berbagai penjuru dunia.

Austria

Selain pemandangan khas pegunungan Alpen yang telah terkenal, Austria memiliki taman bunga yang sangat terkenal bernama Mirabell Palace, yang terletak di Salzburg. Keindahan taman itu bahkan sempat diangkat dalam sebuah film berjudul The Sound of Music pada pertengahan abad ke-20, yang membuatnya makin terkenal, dan banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai tujuan wisata.

Di Mirabell Palace, aneka bunga bermekaran dengan berbagai warna—ungu, kuning, putih, oranye, merah, dan lain-lain—yang akan membuat pengunjungnya terpesona. Pada tahun 1960, taman tersebut dirancang ulang di bawah naungan Uskup Agung Johann Ernest Graf von Thun, dan mengambil tema The Baroque style dari abad ke-17.

Di dalam taman terdapat air mancur Pegasus karya Kaspar Gras, serta empat kelompok patung yang mengelilingi air mancur tersebut. Patung-patung itu diukir oleh Ottavio Mosso, dan melambangkan 4 elemen, yakni api, air, udara, dan tanah.

Inggris

Taman Bunga Kew adalah taman bunga terkenal yang ada di Inggris, dan telah berusia lebih dari 250 tahun. Di taman itu terdapat lebih dari 30 ribu jenis tanaman yang tersebar di hamparannya yang luas.

Pada waktu musim semi, bunga-bunga di sana akan bermekaran dengan indah, dan kita bisa menyaksikan pesona tulip, daffodil, voila, pansy, dan aneka macam bunga lain yang mungkin tidak pernah kita saksikan di Indonesia.

Karenanya, jika ke Inggris, mengunjungi Taman Bunga Kew bisa dibilang kewajiban, khususnya jika ingin menikmati keindahan alam dan pesona bunga di sana. Taman bunga itu dibuka untuk pengunjung sejak pukul 9:30 pagi. Orang dewasa dikenai tarif masuk, namun gratis untuk anak-anak.

Uni Emirat Arab

Dubai, salah satu kota besar di Uni Emirat Arab, sangat memperhatikan daya tarik wisatanya. Mereka tidak hanya memiliki gedung-gedung pencakar langit yang megah, tidak hanya membangun pulau buatan yang menakjubkan, tapi juga membuat taman bunga terbesar di dunia.

Taman bunga yang disebut Dubai Miracle Garden itu bahkan telah ditetapkan sebagai taman bunga terpanjang oleh Guiness World of Record. Yang menakjubkan, seluruh taman itu dibangun di atas lahan tandus dan kering.

Ada sekitar 45 juta bunga dari berbagai jenis dan bentuk yang ada di taman indah tersebut. Sebagai taman yang ditujukan untuk wisata, Dubai Miracle Garden benar-benar mempesona.

Di bagian depan, pengunjung akan disambut lambang Uni Emirat Arab. Sementara lorong-lorong lebar yang digunakan untuk berjalan menikmati taman di sana dihiasi deretan gapura beraneka bentuk, dan dinaungi payung berwarna-warni.

Saat menikmati keindahan taman bunga yang besar dan indah itu, pengunjung di dalamnya pun akan merasa seperti sedang berada di lokasi film Alice in Wonderland.

Prancis

Chateau de Versailles adalah taman bunga terindah di dunia yang terletak di Provence, Prancis. Taman itu dirancang oleh André Le Nôtre untuk Raja Louis XIV.

Taman seluas 800 hektar tersebut memiliki ciri khas rerumputan yang dipangkas dan didesain dengan uniik, sehingga pengunjung bisa merasakan sensasi berjalan-jalan di taman istana. Di taman itu terdapat berbagai jenis tanaman, bunga-bunga, air mancur, dan lain-lain.

Selain Chateau de Versailles, Prancis juga memiliki tempat lain yang tak kalah indah, yaitu taman mawar di pinggiran selatan Paris. Taman yang disebut La Roseraie du Val de Marne itu dirancang oleh Eduard Andre.

Berisi beragam jenis mawar yang sangat indah, dan dipelihara dengan cermat oleh pemerintah setempat. Kebersihan, keindahan, dan pesona pedesaan yang ada di sana menjadikan Taman Rosarie menjadi salah satu tempat favorit paling romantis di Prancis.

Denmark

Sebagian besar wilayah Denmark dipenuhi oleh hutan, padang rumput, dan perkebunan. Karenanya tidak mengherankan kalau Denmark menjadi negara tujuan wisata para pecinta bunga. Taman bunga paling terkenal di Denmark adalah Tivoli Gardens, terletak di kota Tivoli yang merupakan jantung Denmark. Ke tempat itulah para wisatawan dunia berkunjung jika ingin mendapatkan keindahan dan hiburan.

Dibuka pertama kali pada 15 Agustus 1843, Tivoli Gardens adalah taman bunga terbaik yang ada di Denmark, sekaligus taman hiburan tertua di dunia. Di tempat itu dibangun nuansa alam yang sejuk dan hamparan bunga-bunga penuh warna yang akan membuat siapa pun betah berlama-lama.

Terdapat sekitar 400.000 bunga yang memadati wilayah taman ini, antara lain aster, poppy, dan red clover. Dua kali dalam seminggu, langit-langit di taman ini dimeriahkan pesta kembang api.

Selain menawarkan keindahan bunga, di taman itu juga disediakan wahana untuk bersantai dan menikmati hari. Bisa dibilang, Tivoli memiliki semua hal yang diinginkan wisatawan.

Di sana terdapat 32 restoran, 26 tempat hiburan, dilengkapi 110.000 lampu yang menerangi semua tempat, dan 150 konser serta pertunjukan seni dari Tivoli Boys Guards dan artis internasional yang dipentaskan secara rutin.

Kanada

Kanada memiliki taman bunga yang sangat indah bernama Butchart Gardens. Taman itu menjadi salah satu taman bunga terindah di dunia, yang menjadi tujuan wisata orang-orang yang ingin menikmati keindahan taman dan bunga-bunga.

Butchart Gardens memiliki beberapa konsep taman kecil di dalamnya. Taman yang terkenal itu dirancang oleh Jaennie Butchart beserta suaminya, Robert Pim Butchart, bersama Isaburo Kishida asal Jepang. Karenanya, sebagian taman itu memiliki gaya taman di Jepang. Ada berbagai jenis bunga di sana, di antaranya pansy, daphnes, dan forsythias.

Belgia

Jika Belanda memiliki taman bunga Keukenhof, maka Belgia memiliki Poppy Fields of Flanders. Sebagaimana namanya, di taman ini terdapat hamparan bunga poppy bertebaran di padang yang sangat luas.

Hampir bisa dikatakan, ke mana pun mata kita memandang, yang akan kita saksikan di taman itu hanya bunga poppy yang merah. Lautan merah bunga poppy itu terlihat sangat mempesona, seperti ombak merah di daratan. Itu salah satu pemandangan paling menawan yang bisa ditemukan di muka bumi.

Jepang

Jepang disebut Negeri Sakura, karena memiliki keindahan bunga sakura (cherry blossom) yang menghiasi Tokyo, Nagasaki, Kyoto, dan Osaka, dan beberapa kota lain di sana. Wilayah perdesaan Jepang pun sangat indah karena hamparan bunga-bunga itu.

Banyak wisatawan datang ke Jepang hanya untuk menyaksikan pesona bunga-bunga sakura yang sedang bermekaran. Berjalan-jalan di hamparan rumput hijau yang luas, dengan langit biru yang cerah sebagai atap, serta dikelilingi bunga-bunga sakura yang mekar indah, membuat siapa pun akan merasa sedang berpiknik di negeri khayalan.

Ada dua taman bunga yang terkenal di Jepang, yaitu Rikugien Garden dan Himeji Castle. Rikugien Garden terkenal dengan bunga sakuranya yang indah luar biasa, sementara Himeji Castle menawarkan suasana klasik Jepang.

Singapura

Singapura membangun sebuah taman bunga yang berisi koleksi berbagai tanaman yang cukup lengkap. Koleksi yang luar biasa itu terkumpul dalam taman yang disebut Singapore Botanic Garden. Memiliki luas sekitar 64 hektar, taman itu terdiri dari tiga bagian, yaitu Bukit Timah Core, Tanglin Core, dan Tanglin Center.

Pada musim semi, bunga-bunga akan bermekaran dengan indah, sementara 60 ribu tanaman anggrek di sana mulai berbunga. Keindahan itu didukung dengan pemandangan dan pepohonan yang rimbun, yang membuatnya semakin asri dan sejuk. Jika ingin menikmati wisata bunga tanpa harus pergi jauh, Botanic Garden Singapore bisa dijadikan pilihan.

Korea

Sebagai negara berteknologi tinggi, Korea pun membangun sebuah taman yang memadukan keindahan alami dengan sentuhan teknologi. The Garden of Morning Calm adalah taman bunga di Korea yang dihiasi 6 juta bola lampu yang terus menyala sebagai dekorasinya. Karenanya, bisa dibilang taman itu selalu terang bercahaya, siang dan malam.

Karena keindahan dan keunikannya, The Garden of Morning Calm menjadi salah satu di antara 50 taman terbaik di Korea versi CNNGo tahun 2012.

Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, tepatnya di Washington, ada taman terkenal bernama Skagit Valley, yang dibangun dengan indah dan memancarkan pesona alami dari bunga-bunga yang tumbuh di sana. Banyak sekali varietas bunga yang ada di taman itu, tapi yang populer adalah bunga tulip, hingga diadakan festival saat bunga tulip bermekaran.

Sebagai kota modern, Washington tampaknya tidak kehilangan sentuhan alaminya. Karena keindahan pesona alaminya pula, Skagit Valley bahkan disebut sebagai salah satu dari “seratus tempat yang harus dikunjungi sebelum mati”.

Selandia Baru

Selandia Baru memiliki lanskap indah yang tak terhitung banyaknya, dengan bunga-bunga berwarna-warni semarak seperti permen. Jika ingin menyaksikan keindahan alam yang sangat mempesona dan penuh semarak, Selandia Baru adalah tempat yang tak bisa dilewatkan.

Lake Tekapo adalah salah satu tempat di Selandia Baru yang banyak dikunjungi wisatawan dari seluruh dunia, karena dipenuhi bunga-bunga indah dalam berbagai warna.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Nature 1080777158623713524

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item