Fakta-Fakta Unik dan Menarik Seputar Negara ASEAN

 Fakta-Fakta Unik dan Menarik Seputar Negara ASEAN
Ilustrasi/muffingraphics.com
Ada cukup banyak fakta menarik seputar negara-negara yang tergabung dalam ASEAN. Misalnya, di antara negara-negara ASEAN, Singapura adalah negara dengan internet tercepat, sementara Indonesia menjadi negara dengan internet paling lambat. Laos menjadi negara yang paling banyak memiliki perokok, sementara Singapura menjadi negara yang jumlah perokoknya paling sedikit.

Di antara semua negara ASEAN, Indonesia menjadi negara yang paling banyak mengonsumsi mie instan, sekaligus menjadi negara yang populasi penduduknya rata-rata berbadan pendek. Dalam hal korupsi, Singapura bisa dibilang negara paling bersih dari perilaku korup, tapi menjadi negara yang paling banyak punya utang. Berikut ini fakta-fakta seputar negara-negara ASEAN yang menarik diketahui.
  • ASEAN terbentuk dari hasil Deklarasi Bangkok pada 5-8 Agustus 1967. Lima negara yang mendirikan ASEAN adalah Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Pada 1984, Brunei Darussalam bergabung, yang disusul Vietnam pada 1995, serta Laos dan Myanmar pada 1997. Pada 1999, Kamboja masuk sebagai anggota terakhir.
  • Tiga negara ASEAN, yaitu Indonesia, Singapura, dan Malaysia, sama-sama memiliki hari kemerdekaan pada bulan Agustus.
  • Di antara negara-negara ASEAN, Singapura dianggap sebagai negara dengan internet tercepat, sementara Indonesia menjadi negara dengan internet paling lambat.
  • Brunei Darussalam tercatat sebagai negara ASEAN yang paling banyak menggunakan pendapatan nasionalnya untuk belanja negara. Sementara Indonesia masuk di tiga teririt, bersama Filipina dan Singapura.
  • Malaysia dan Singapura menduduki tiga teratas sebagai negara yang memiliki pendidikan tinggi terbaik di ASEAN. Sementara Indonesia menduduki peringkat ke-8.
  • Malaysia diperkirakan masih menjadi negara yang didatangi wisatawan paling banyak sepanjang tahun 2010-2015. Disusul oleh Thailand dan Singapura. Indonesia perlu bekerja keras jika ingin menyaingi ketiga negara tersebut.
  • Singapura menjadi negara dengan angka tertinggi dalam tingkat literasi di negara-negara ASEAN, dengan angka 95,9 persen. Sementara 7 negara anggota ASEAN lain juga telah memiliki angka literasi di atas rata-rata. Sayangnya, Kamboja dan Laos masih berada di bawah rata-rata literasi dunia, dengan angka literasi penduduk berkisar 70 persen.
  • Jumlah pengguna internet di Singapura mencapai 70 persen dari total jumlah penduduk. Angka itu jauh di atas Indonesia yang baru mencapai 9 persen dari total penduduk.
  • Laos menjadi negara ASEAN yang memiliki jumlah perokok terbanyak, yaitu 40 persen dari total penduduk. Indonesia menempati peringkat kedua dengan jumlah perokok mencapai 35 persen, sementara Brunei dan Singapura menjadi negara ASEAN yang paling sedikit dalam jumlah perokok.
  • Pada 2015 mendatang, Indonesia, Vietnam, dan Thailand, akan memiliki jumlah tenaga kerja terbanyak di antara negara-negara ASEAN. Jika lapangan kerja yang tersedia tidak mencukupi, maka ketiga negara itu juga akan memiliki jumlah pengangguran terbanyak.
  • Di Filipina, seorang pasien di rumah sakit bisa dirawat oleh 6 orang perawat. Perbandingan yang sama juga terjadi di Singapura dan Brunei Darussalam, yaitu 6 perawat untuk 1 pasien. Ironisnya, hal sebaliknya terjadi di Indonesia, Thailand, Vietnam, Laos, dan Myanmar. Di negara-negara tersebut hanya ada kurang dari 1 sampai 2 orang perawat untuk setiap pasien yang sakit.
  • Di antara negara-negara ASEAN, Indonesia menjadi negara yang paling banyak mengonsumsi mie instan. Sebanyak 60,3 persen orang Indonesia mengonsumsi makanan cepat saji tersebut, disusul oleh Vietnam dengan angka 55,1 persen. Sementara Myanmar menjadi negara ASEAN yang paling sedikit mengonsumsi mie instan.
  • Filipina menjadi negara ASEAN yang paling banyak mengonsumsi kopi. Setiap tahun, 1 orang di Filipina dapat mengonsumsi hingga 423 cangkir kopi. Malaysia dan Vietnam menempati peringkat kedua dan ketiga, dengan angka 300 gelas per tahun untuk setiap penduduk. Sementara Indonesia, yang memiliki banyak varietas kopi, ternyata menempati peringkat keenam, dengan tingkat konsumsi 176 gelas/penduduk/tahun.
  • Thailand menjadi negara ASEAN yang paling banyak mengonsumsi soft drink. Diperkirakan, dalam setahun, 1 orang penduduk Thailand dapat meminum sampai 41,3 liter minuman soda. Sementara Indonesia menempati peringkat 5 besar sebagai penikmat soft drink, dengan angka 3,1 liter per penduduk setiap tahunnya.
  • Dalam hal minuman ringan, sebanyak 72,8 persen penduduk di wilayah ASEAN lebih memilih mengonsumsi Coca Cola dibanding Pepsi.
  • Dalam urusan utang luar negeri, Singapura, Indonesia, dan Malaysia, adalah tiga negara dengan utang luar negeri terbanyak di ASEAN.
  • Secara rata-rata, setiap penduduk ASEAN menanggung utang sebesar US$ 19,023 seumur hidupnya. Negara penyumbang terbesar atas tingginya angka utang ini adalah Singapura, dengan proporsi utang mencapai 108 persen dibandingkan pendapatan nasionalnya.
  • Dalam perolehan medali di Sea Games, Thailand menjadi negara yang paling banyak meraih medali, dengan total 282 medali. Disusul Vietnam dan Myanmar di posisi kedua dan ketiga. Sementara Indonesia menempati posisi ke-4.
  • Di antara negara-negara ASEAN, Laos, Myanmar dan Kamboja masuk sebagai negara dengan tingkat korupsi tertinggi.
  • Singapura menjadi negara terbersih dari tindak korupsi, hingga menduduki peringkat ke-5 di seluruh dunia, sementara Indonesia masih dikategorikan sebagai negara korup, karena menduduki peringkat keenam sebagai negara terkorup di ASEAN, dan peringkat ke-114 dari keseluruhan negara di dunia.
  • Indonesia adalah negara dengan penduduk terpendek di antara negara-negara ASEAN. Tinggi badan rata-rata penduduk pria di negara-negara ASEAN adalah 164 sentimeter, sementara penduduk wanita 153 sentimeter. Di Indonesia, rata-rata tinggi badan penduduk pria hanya 158 sentimeter, dan rata-rata tinggi badan penduduk wanita hanya 147 sentimeter.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 8363050734730485797

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item