Negara-negara dengan Rerata Badan Tertinggi di Dunia

 Negara-negara dengan Rerata Badan Tertinggi di Dunia
Ilustrasi/forbes.com
Tinggi badan manusia bergantung pada faktor genetik dan lingkungan. Artinya, orang yang dilahirkan orangtua berbadan tinggi umumnya juga memiliki postur yang sama tinggi. Selain itu, lingkungan juga dapat berpengaruh pada tinggi badan seseorang, akibat aktivitas atau kebiasaan yang dijalani.

Pertumbuhan rata-rata untuk setiap jenis kelamin dalam populasi berbeda. Rata-rata pria dewasa lebih tinggi daripada wanita dewasa. Selain itu, tinggi badan manusia juga berbeda menurut kelompok etnis.

Umumnya, pertumbuhan tinggi badan berhenti ketika lempeng pertumbuhan (lempeng efifisis) di ujung tulang menutup. Penutupan itu terjadi sekitar usia 16 tahun pada wanita, atau 18 tahun pada pria. Namun, kadang-kadang, lempeng pertumbuhan pada sebagian orang baru menutup pada usia sekitar 20-21 tahun.

Orang-orang Eropa umumnya memiliki badan lebih tinggi dibanding orang-orang Asia. Kenyataannya, orang-orang yang memiliki badan tinggi kebanyakan ada di negara-negara Eropa. Berikut ini negara-negara yang rerata tinggi badan penduduknya paling tinggi di dunia.

Belanda

Pria Belanda rata-rata memiliki tinggi badan mencapai 6 kaki, dan cukup banyak yang lebih tinggi dari ukuran itu. Negara di Eropa utara ini terkenal sebagai “pencetak” pria-pria berbadan sangat tinggi. Salah satu yang terkenal, misalnya, adalah Rob Bruintjes yang memiliki tinggi badan 7,3 kaki atau 221 sentimeter.

Swedia

Swedia termasuk negara dengan taraf hidup yang baik. Kenyataan itu bisa menjadi latar belakang tinggi badan penduduknya yang rata-rata tinggi. Penduduk dewasa Swedia, khususnya yang pria, memiliki tinggi rata-rata 5 kaki 11,5 inci. Zlatan Ibrahimović, salah satu pria terkenal Swedia, bahkan memiliki tinggi 6 kaki 5 inci atau 195 sentimeter.

Denmark

Rata-rata pria dewasa Denmark memiliki tinggi badan 5 kaki 11,1 inci. Kenyataan itu menjadikan Denmark sebagai salah satu negara dengan penduduk yang memiliki rerata badan paling tinggi di dunia. Chris Christopherson, salah satu orang terkenal Denmark, bahkan memiliki tinggi badan 7,2 kaki atau 218,4 sentimeter.

Norwegia

Sejak zaman Viking, orang-orang Norwegia sudah terkenal berbadan tinggi, baik yang tua maupun yang muda. Artinya, tubuh tinggi itu diwariskan oleh gen yang turun temurun sampai sekarang. Para pria dewasa Norwegia rata-rata memiliki tinggi badan 5 kaki 10,7 inci.

Estonia

Janar Purasoni, salah satu pria terkenal Estonia, memiliki tinggi badan 7,3 kaki atau 221 sentimeter. Angka itu lebih tinggi dari rata-rata pria dewasa Estonia yang memiliki tinggi badan 5 kaki 10,5 inci.

Finlandia

Bola voli adalah olahraga favorit di Finlandia. Entah karena kebiasaan olahraga tersebut atau karena pengaruh gen, yang jelas orang-orang Finlandia kebanyakan bertubuh tinggi. Rata-rata pria dewasa di sana memiliki tinggi badan 5 kaki 10,2 inci.

Jerman

Sejak runtuhnya Tembok Berlin pada November 1989, standar hidup di Jerman perlahan namun pasti terus meningkat. Hal itu tentu mempengaruhi gizi dan tingkat kesehatan orang-orang yang tinggal di sana. Sensus pada 2005 menyebutkan rata-rata tinggi badan orang Jerman mencapai 5 kaki 10,1 inci. Rolf Mayr, pria terkenal dari Jerman, memiliki tinggi badan 7 kaki 3,4 inci atau 222 sentimeter.

Yunani

Mungkin Yunani tidak terkenal sebagai negara yang dihuni penduduk berbadan tinggi. Namun, kenyataannya, rata-rata penduduk Yunani memiliki tinggi badan 5 kaki 10,1 inci atau 178,1 sentimeter. Angka itu tentu lebih tinggi dibanding rata-rata tinggi badan orang Asia.

Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah negara multikultural, tempat berbagai orang dari beragam etnis berkumpul. Namun, pengukuran yang dilakukan pada semua latar belakang etnis di antara kaum pria di sana menunjukkan hal tak jauh beda, bahwa rata-rata tinggi badan orang Amerika adalah 5 kaki 9,9 inci.

Australia

Statistik terbaru pemerintah Australia menunjukkan bahwa rata-rata tinggi badan orang Australia secara keseluruhan adalah 5 kaki 9,8 inci. Sementara pada anak-anak muda atau generasi yang lebih muda, tinggi rata-ratanya adalah 6 kaki.

Kenyataan itu membuat pemerintah Australia berkesimpulan bahwa para penduduk di sana terus tumbuh lebih tinggi. Hal itu tentu tidak bisa dilepaskan dari taraf hidup yang lebih baik. Sam Harris, pria terkenal asal Australia, bahkan memiliki tinggi badan 7 kaki 2.6 inci atau 220 sentimeter.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 2080833529886011817

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item