Apa yang Disebut Helicoprion dan Orthocone?

 Apa yang Disebut Helicoprion dan Orthocone?
Ilustrasi/reddit.com
Helicoprion adalah sejenis hiu yang hidup di masa lalu. Berbeda dengan hiu modern, hiu purba ini memiliki gigi berbentuk lingkaran. Tidak ada lokasi yang pasti dari gigi bulat itu, karena gigi bulat itulah yang menjadi satu-satunya fosil miliknya yang dikenali.

Berdasarkan rekonstruksi para ahli, sampai saat ini disimpulkan bahwa gigi bulat milik hiu tersebut terletak di bagian depan rahang bawah, yang berfungsi untuk menggali.

Salah satu hipotesis yang dikeluarkan paleontolog menyebutkan bahwa gigi aneh tersebut berfungsi untuk menjebol cangkang kerang yang merupakan salah satu makanannya.

Selain itu, ada pula hipotesis yang menyebutkan bahwa hiu ini sering berenang ke arah kumpulan ikan, dan menjebak mereka di rahang-rahangnya yang tajam.

 Apa yang Disebut Helicoprion dan Orthocone?
Ilustrasi/artstation.com
Orthocone adalah hewan terbesar di planet bumi pada masa sekitar 460 tahun yang lalu, dan merupakan salah satu predator paling ganas. Hewan ini hidup dengan cangkang konus yang sangat panjang, kira-kira sepanjang 11 meter, tanpa sirip ataupun ekor.

Orthocone bergerak dengan cara mendorong air ke arah berlawanan dengan arah yang akan ditujunya. Sementara pergerakan vertikal dilakukan dengan mengontrol jumlah air laut yang ada di dalam cangkang. Makanan hewan ini adalah beberapa anthropoda, seperti sea scorpion.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Hewan Darat 5117292331617404996

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item