Fakta-Fakta Unik dan Menarik Seputar Swiss

Fakta-Fakta Unik dan Menarik Seputar Swiss
Ilustrasi/goodfon.com
Swiss adalah negara federal di Eropa Tengah, yang berbatasan dengan Jerman, Prancis, Italia, Liechtenstein, dan Austria. Swiss adalah negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari Pegunungan Alpen. Swiss dikenal sebagai negara netral, namun tetap memiliki kerjasama internasional yang kuat.

Swiss terbagi atas 26 kanton, enam di antaranya kadang dianggap sebagai “separuh kanton”, karena berawal dari pemisahan tiga kanton, dan dampaknya hanya ada satu wakil dalam Dewan Negara. Ibukota Swiss adalah Bern. Kota-kota penting lainnya adalah Zurich dan Jenewa, yang menjadi lokasi berbagai badan internasional seperti PBB, WHO, ILO, dan UNHCR.

Swiss berbatasan dengan Jerman, Prancis, Italia, Austria, dan kerajaan kecil Liechtenstein. Swiss kaya dengan sejarah sebagai negara yang netral tanpa memandang masa perang atau damai, dan tidak pernah terlibat dalam perang terhadap pemerintahan asing sejak tahun 1815.

Karenanya, Swiss dijadikan tuan rumah berbagai organisasi internasional seperti PBB, yang meskipun markas besarnya ada di New York namun juga mendirikan kantor di Swiss. Berikut ini fakta-fakta menarik seputar Swiss:
  • Swiss dikenal sebagai negara yang netral (tidak memihak siapa pun) sejak tahun 1815 di Benua Eropa. Selama Perang Dunia I dan II, Swiss bisa dibilang beruntung karena tidak mendapat serangan dari negara mana pun. Bahkan, nama Swiss diambil karena Swiss tidak mau memilih satu dari empat bahasa resmi Swiss, yaitu bahasa Jerman, Italia, Prancis, dan Romansch.
  • Swiss menjadi markas penting untuk mata-mata kedua belah pihak selama konflik Perang Dunia II, dan sering menengahi komunikasi antara Blok Poros dan Blok Sekutu.
  • Nama lengkap Swiss adalah Konfederasi Swiss. Dalam bahasa Latin, Konfederasi Swiss disebut Confoederatio Helvetica (Konfederasi Helvetika).
  • Dalam bahasa Prancis, Swiss disebut Confédération Suisse, dalam bahasa Italia disebut Confederazione Svizzera, dalam bahasa Romansh disebut Confederaziun Svizra, dan dalam bahasa Jerman disebut Schweizerische Eidgenossenschaft.
  • Umumnya, nama konfederasi menunjukkan bahwa perserikatan didirikan oleh penyatuan beberapa negara. Namun, dalam kasus Swiss agak berbeda, karena Swiss terbentuk bukan dari negara-negara yang berserikat, melainkan persekutuan beberapa komunitas penduduk yang beraneka ragam.
  • Pemerintahan Swiss dipegang oleh 7 anggota dewan yang dipilih oleh Federal Assembly. Tujuh orang dewan itu bisa disebut menteri. Namun, mereka juga bisa dibilang presiden, karena secara bergantian presiden negara Swiss akan dipilih dari 7 anggota dewan tersebut, dengan masa jabatan satu tahun secara bergiliran.
  • Ada 26 kanton yang kini berhimpun menjadi Swiss. Sebanyak 17 kanton adalah kanton Swiss-Jerman (berbahasa Jerman), 4 kanton Swiss-Romande (berbahasa Prancis), 1 kanton berbahasa Itali (Ticino), 3 kanton bilingual Prancis-Jerman, dan 1 kanton (Graubünden) trilingual Jerman, Italia, dan Rumantsch. Karena itulah, bahasa nasional di Swiss ada empat.
  • Swiss menandai 1 Agustus 1291 sebagai hari kemerdekaannya. Tanggal 1 Agustus dijadikan cuti umum, dan bank serta kantor pos juga kantor administrasi umum ditutup.
  • Asuransi kesehatan Swiss bersifat universal, dan diatur langsung oleh Undang-Undang Asuransi Kesehatan Federal pada 1994. Berdasarkan peraturan pemerintah, semua orang yang tinggal di Swiss wajib memiliki asuransi kesehatan.
  • Swiss adalah tempat kelahiran Palang Merah, karena itulah logo Palang Merah identik dengan bendera nasional Swiss.
  • Swiss memiliki PDB nominal per kapita tertinggi ke-4 di dunia (setelah Luksemburg, Norwegia, dan Islandia).
  • Swiss mempunyai ekonomi yang sangat stabil, makmur, dan berteknologi tinggi. Pada 2011, negara ini termasuk dalam golongan negara termakmur di dunia berdasarkan pendapatan per kapita, dan berada pada urutan ke-36 berdasarkan keseimbangan kemampuan berbelanja.
  • Beberapa perusahaan di dunia yang paling terkenal dari Swiss di antaranya Credit Suisse (perbankan), Lindt & Sprungli (cokelat), Logitech (elektronik), Movenpick (hotel), Nestle (makanan), Novartis (farmasi), Richemont (barang mewah), Schindler (lift), Swatch (jam tangan), UBS (perbankan), dan Winterthur (asuransi).
  • Kawasan Greater Zurich adalah rumah bagi 1,5 juta penduduk dan 150.000 perusahaan, serta merupakan salah satu pusat ekonomi paling penting di dunia.
  • Swiss memiliki lebih dari 1.500 danau.
  • Mata uang Swiss bukan euro, tapi Swiss franc (CHF).
  • Swiss adalah konsumen soft drink terbesar di dunia.
  • Sebanyak 60 persen listrik Swiss diproduksi oleh pembangkit listrik tenaga air.
  • Swiss sangat terkenal sebagai bangsa yang tepat waktu. Keterlambatan yang ditolelir di sana kurang dari satu menit. Tidak mengherankan untuk sebuah negara yang dikenal sebagai pembuat jam.
  • Zurich, kota terbesar di Swiss, dinobatkan sebagai kota yang memiliki kualitas hidup terbaik di dunia pada 2006 dan 2007.
  • Agama mayoritas di Swiss adalah Katolik Roma, yang dianut oleh 45 persen populasi. Terdapat juga Protestan yang dianut sekitar 35 persen orang, dan imigrasi telah membawa masuk Islam serta Ortodoks Timur, yang masing-masing dianut oleh 2,5 persen dan 1,5 persen penduduk.
  • Swiss adalah negara penerima spam (e-mail sampah) terbanyak di dunia. Pengguna internet di Swiss menerima 10 persen lebih banyak spam daripada rata-rata pengguna Internet di negara lain.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 1167791175395186529

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item