Di Bagian Mana Organ Listrik Ikan Pari Elektrik?

 Di Bagian Mana Organ Listrik Ikan Pari Elektrik?
Ilustrasi/generasibiologi.com
Ikan pari elektrik (Electric ray) memiliki kemiripan dengan belut listrik, yaitu mampu mengendalikan tegangan di setiap muatan listrik dalam tubuhnya. Organ produksi listrik itu terletak di kedua sisi kepala, dan keduanya dapat menghasilkan listrik secara bersama-sama—dari 8 sampai 220 volt.

Ada 69 spesies ikan pari elektrik, dan yang memiliki kekuatan listrik paling berbahaya adalah ikan yang disebut torpere.

Nama itu berarti “menyebabkan kaku atau kelumpuhan”, karena sengatan listriknya memberikan efek seperti itu. Kejutan listrik rata-rata yang dihasilkan ikan pari listrik setara dengan efek menjatuhkan pengering rambut ke bak mandi.

Bagaimana Echidnas Menghasilkan Listrik?
Ilustrasi/sandiegozoo.org
Bagaimana Echidnas Menghasilkan Listrik?

Termasuk anggota dari ordo monotreme, echidnas adalah hewan berduri yang memiliki moncong panjang, yang berfungsi sebagai mulut sekaligus hidung. Moncong panjang itulah yang dapat menghasilkan sinyal-sinyal listrik, yang membantu mereka menemukan serangga untuk dilahap.

Ketika berada di darat, moncong hewan ini selalu basah, sehingga tetap dapat menghantarkan arus listrik ketika akan memangsa serangga.

Namun, para ilmuwan menyatakan bahwa listrik yang dimiliki hewan ini lebih berfungsi sebagai perlindungan diri dalam menghadapi predator, karena mereka tidak terlalu kesulitan dalam mencari mangsa tanpa menggunakan kekuatan listriknya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Hewan Darat 6638355612092154483

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item