Apa yang Disebut Perikardium, dan Apa Fungsinya?

Apa yang Disebut Perikardium, dan Apa Fungsinya?
Ilustrasi: okezone.com
Perikardium adalah kantung yang membungkus jantung pada manusia dan beberapa jenis hewan, yang memiliki fungsi utama sebagai dinding terluar jantung.

Perikardium merupakan satu struktur kantung yang melapisi seluruh jantung, kecuali bagian ruang kiri. Perikardium terdiri dari lapisal mesotel di bagian dalam, dan lapisan fibrosa di bagian luar. Di dalam kantung itu terdapat 5 sampai 10 cc cairan serous yang berfungsi sebagai pelumas pergerakan, sekaligus memberi ruang gerak bagi otot jantung.

Bagian kantung yang menempel pada bagian epikardial jantung disebut perikardium visceral—bagian ini lebih tipis dan fleksibel, sehingga memudahkan jantung untuk bergerak.

Bagian kantung yang tidak menempel dengan jantung (berada pada posisi luar) disebut perikardium parietal—bagian ini cenderung lebih tebal dan keras, sehingga dapat melindungi jantung dari benturan luar, juga menahan pembesaran volume jantung ketika terjadi kelebihan darah di dalam jantung.

Perikardium berfungsi membungkus bagian epikardial (dalam) jantung. Selain itu, perikardium juga berfungsi mempertahankan posisi jantung, menjaga fleksibilitas pergerakan jantung, memberi pelumasan, dan menahan pembesaran berlebihan yang terjadi apabila jantung terisi darah dalam jumlah yang melebihi kapasitas normal.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 5823514455540026562

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item