Seberapa Besar Jantung Manusia?

Seberapa Besar Jantung Manusia?
Ilustrasi: pasundan id
Jantung manusia adalah sebuah rongga, organ berotot yang memompa darah melalui pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Jantung adalah salah satu organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah.

Istilah Yunani menyebut jantung dengan nama “cardia”, sehingga istilah “kardiak” berhubungan dengan jantung. Ukuran jantung manusia sekitar sebesar kepalan tangan orang dewasa.

Jantung adalah satu otot tunggal yang terdiri dari lapisan endothelium. Jantung terletak di dalam rongga torakik, di balik tulang dada. Struktur jantung berbelok ke bawah dan sedikit ke arah kiri. Jantung hampir sepenuhnya diselubungi oleh paru-paru, namun tertutup selaput ganda bernama perikardium, yang tertempel pada diafragma.

Lapisan pertama menempel sangat erat pada jantung, sedangkan lapisan luarnya lebih longgar dan berair, untuk menghindari gesekan antar organ dalam tubuh yang terjadi karena gerakan memompa konstan jantung.

Di tempatnya, jantung dijaga oleh pembuluh-pembuluh darah yang meliputi daerah jantung yang merata/datar, seperti di dasar dan di samping. Secara internal, jantung dipisahkan sebuah lapisan otot menjadi dua bagian, dari atas ke bawah, menjadi dua pompa.

Semenjak lahir, kedua pompa itu tidak pernah tersambung. Belahan itu terdiri dari dua rongga yang dipisahkan dinding jantung. Karenanya, dapat disimpulkan bahwa jantung terdiri dari empat rongga, serambi kanan dan kiri, serta bilik kanan dan kiri.

Dinding serambi jauh lebih tipis dibandingkan dinding bilik, karena harus melawan gravitasi bumi untuk memompa dari bawah ke atas, dan memerlukan gaya lebih besar untuk menyuplai peredaran darah besar—khususnya pembuluh aorta—untuk memompa ke seluruh bagian tubuh yang memiliki pembuluh darah.

Tiap serambi dan bilik pada masing-masing belahan jantung disambungkan oleh sebuah katup. Katup di antara serambi kanan dan bilik kanan disebut katup trikuspidalis atau katup berdaun tiga. Sedangkan katup di antara serambi kiri dan bilik kiri disebut katup mitralis atau katup bikuspidalis (katup berdaun dua).

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 771053049112892732

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item