Apa yang Disebut Xilem?

 Apa yang Disebut Xilem?
Xilem/wixite.com
Xilem atau pembuluh kayu berasal dari bahasa Yunani, yaitu “xylem”, yang berarti kayu. Xilem atau pembuluh kayu adalah salah satu dari dua kelompok utama jaringan pembuluh yang dimiliki oleh tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta).

Fungsi xilem adalah menyalurkan zat bahan fotosintesis dari akar ke daun. Xilem merupakan saluran utama bagi transportasi air beserta semua substansi yang terlarut di dalamnya dari akar (dan juga bagian tubuh tumbuhan lain yang menyerap air) menuju bagian lain tumbuhan, terutama daun. Kayu dibentuk terutama dari kumpulan pembuluh kayu atau xilem.

Pergerakan air pada xilem bersifat pasif, karena xilem tersusun oleh sel-sel mati yang mengayu (mengalami lignifikasi), sehingga xilem tidak berperan dalam proses tersebut. Faktor penggerak utama dalam pergerakan air pada tumbuhan adalah transpirasi.

Faktor pembantu lainnya adalah tekanan akar akibat perbedaan potensial air di dalam jaringan akar dengan di ruang tanah sekitar akar.

Sel-sel xilem memiliki beberapa tipe, yaitu trakea, trakeida, dan serabut trakeida. Sel-sel xilem tidak memiliki protoplasma.

Pada sistem pembuluh kayu terdapat pula parenkima kayu, yang mengisi ruang-ruang kosong di antara pembuluh dan membantu melekatkan pembuluh-pembuluh tersebut. Xilem membawa air dari dalam tanah ke seluruh organ tumbuhan, dan dijadikan energi untuk melakukan fotosintesis.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 8802841985379343476

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item