Mengapa Perempuan Suka Pamer Foto di Facebook?

Mengapa Perempuan Suka Pamer Foto di Facebook?
Facebook/theverge.com
Kenyataannya, jauh lebih banyak perempuan yang memamerkan foto-fotonya di sosial media, misalnya Facebook, dibanding lelaki. Jika kita punya akun di Facebook, kemungkinan besar kita akan melihat hal itu. Teman-teman yang paling aktif mengunggah foto-fotonya adalah kaum perempuan.

Mengapa perempuan tampaknya suka pamer foto, khususnya di Facebook?

Tim ilmuwan dari University of Buffalo, Amerika Serikat, melakukan studi khusus menyangkut hal itu. Penelitian yang dipimpin oleh Michael A. Stefanone tersebut melibatkan 311 partisipan yang terdiri atas lelaki dan perempuan. Penelitian itu mengukur bagaimana mereka memanfaatkan Facebook sekaligus mengukur tingkat kepercayaan diri masing-masing partisipan yang diwawancarai.

Hasilnya, sebagaimana disimpulkan oleh studi tersebut, perempuan tidak hanya senang saat memamerkan foto-fotonya di Facebook, namun pada dasarnya mereka juga merasa dapat meningkatkan kepercayaan diri atas penampilan mereka melalui foto-foto tersebut.

Michael A. Stefanone menyatakan bahwa pertukaran atau saling pamer foto di Facebook adalah cara kaum perempuan untuk meningkatkan pencitraan diri mereka.

“Kesimpulan penelitian atas perilaku lelaki dan perempuan berasal dari fokus budaya mengenai pencitraan dan penampilan perempuan,” ujar Michael A. Stefanone. Hal itu terlihat dari pandangan koresponden mengenai penerimaan lingkungan terhadap mereka, hubungan dengan keluarga, dan keintiman hubungan pribadi.

Perempuan berusia muda cenderung menyukai perasaan saat menjadi pusat perhatian publik. Karenanya, mereka cenderung menghabiskan waktu lebih banyak di Facebook dan berbagi foto, termasuk foto yang cenderung sensual. Di sisi lain, perempuan yang merasa tidak butuh pencitraan umumnya akan menghabiskan waktu yang lebih sedikit di sosial media, termasuk Facebook.

Hmm… bagaimana menurutmu?


Related

Studi 5805625415960071969

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item