Mengapa Bunga Rafflesia Mengeluarkan Bau Busuk?

 Mengapa Bunga Raflesia Mengeluarkan Bau Busuk?
Bunga Raflesia/kompas.com
Padma raksasa, atau yang terkenal dengan nama Rafflesia arnoldii, adalah tumbuhan yang terkenal, karena memiliki bunga berukuran sangat besar, bahkan merupakan bunga terbesar di dunia.

Bunga itu tumbuh di jaringan tumbuhan merambat, dan tidak memiliki daun, sehingga tidak mampu berfotosintesis. Tumbuhan ini endemik di Pulau Sumatera, terutama bagian selatan (Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan).

Yang unik, tidak sebagaimana umumnya bunga lain, Rafflesia arnoldii mengeluarkan bau atau aroma yang busuk. Jika bunga-bunga lain umumnya mengeluarkan bau wangi, mengapa Rafflesia arnoldii justru berbau busuk?

Kenyataan itu bukan tanpa alasan. Bunga raksasa itu sengaja mengeluarkan bau busuk, untuk menarik perhatian serangga seperti lalat dan kumbang untuk membantu penyerbukannya. Bunga-bunga semacam mawar mengeluarkan aroma yang wangi untuk menarik perhatian serangga penyuka madu, semisal lebah, tawon, atau kupu-kupu.

Dalam hal ini, Rafflesia arnoldii tidak menghasilkan madu. Karenanya, bunga itu pun mengeluarkan bau busuk, untuk menarik serangga yang tertarik bau bangkai.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Nature 1746593743621821237

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item