Siapakah Lee Shau Kee?

 Siapakah Lee Shau Kee?
Lee Shau Kee/propgoluxury.com
Lee Shau Kee adalah pemimpin Henderson Land Development Company, pengembang real estate terbesar di Hong Kong. Dia lahir di Shunde, Guangdong, Cina, pada 29 Januari 1928. Ayahnya pedagang emas dan perak, yang mendirikan toko di Guangzhou.

Pada 1948, akibat Perang Dunia II, Lee Shau Kee pindah ke Hong Kong, dengan membawa bekal sebanyak 1.000 yuan. Di Hong Kong, dia mencoba berbisnis tukar menukar mata uang, dan mendapatkan banyak uang dari bisnis tersebut.

Kemudian, pada 1950, dia mencoba berbisnis di bidang ekspor impor. Bisnisnya berjalan lambat, namun terus berkembang. Pada 1958, Lee Shau Kee membeli saham perusahaan properti Yong Ye Group, dan tidak lama kemudian dia terjun ke bisnis real estate.

Pada 1963, Lee Shau Kee mendirikan perusahaan real estate, dengan nama Sung Hung Kai Properties. Sepuluh tahun kemudian, seiring usahanya yang makin berhasil, Lee Shau Kee mulai merambah bisnis lain.

Sampai kemudian dia memutuskan untuk membangun perusahaan induk, yang diberi nama Henderson Land Development Company. Pada 1981, group perusahaan Lee Shau Kee mulai masuk Hong Kong Stock Exchange.

Sejak itu, laju bisnis Lee Shau Kee bisa dibilang tak bisa dihentikan. Dia mengakuisisi berbagai perusahaan, juga membangun usaha-usaha baru, termasuk Henderson Investment (perusahaan investasi), Citistore (pusat perbelanjaan), Megastrength (jasa pengamanan), hingga perhotelan, perbankan, dan gas. Sementara itu, Sung Hung Kai Properties, perushaan real estate miliknya, telah menjadi yang terbesar di Asia.

Atas semua bisnis dan perusahaan yang dimilikinya, Lee Shau Kee pun mengumpulkan kekayaan dalam jumlah besar. Kekayaan Lee Shau Kee menyertai pertumbuhan ekonomi Hong Kong, dan ia menjadi pemain utama di dalam ekonomi regional. Tercatat, dia memiliki kekayaan bersih senilai 24,8 miliar dollar, yang menjadikannya salah satu orang terkaya di dunia.

Kini, setelah terkenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia, Lee Shau Kee mulai membentuk yayasan amal, yang ia namai Lee Shau Kee Foundation, yang menyediakan beasiswa, bantuan rehabilitasi sekolah, serta donasi kepada universitas di seluruh dunia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 9030391782041480864

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item