Negara apa yang Hari Kemerdekaannya Sama dengan Indonesia?

Negara apa yang Hari Kemerdekaannya Sama dengan Indonesia?
Ilustrasi/tribunnews.com
Republik Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Adakah negara lain yang hari kemerdekaannya sama dengan Indonesia?

Ada, yaitu Republik Gabon. Seperti Indonesia, Republik Gabon memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus, meski tahunnya 1960.

Republik Gabon adalah negara di Afrika bagian barat. Negara ini memiliki jumlah penduduk yang relatif sedikit, namun memiliki kekayaan dalam bentuk mineral cukup banyak. Karena kandungan bumi tersebut, Gabon dikenal sebagai salah satu negara kaya di Afrika.

Gabon berbatasan dengan Guinea Khatulistiwa dan Kamerun di utara, serta Republik Kongo di barat dan selatan. Luas wilayahnya hampir setara dengan dua kali luas Provinsi Kalimantan Tengah.

Gabon bersistem presiden. Presiden pertama Gabon adalah Léon M’ba. Presiden kedua adalah Omar Bongo Ondimba, yang berkuasa sejak tahun 1967 hingga kematiannya pada 2009. Antara tahun 1968-1990, kekuasaannya didasarkan pada sistem partai tunggal, yaitu Partai Demokrasi Gabon (PDG).

Setelah kekacauan politik yang melanda sebagian besar Afrika, setelah dirobohkannya Tembok Berlin, Bongo mengubah haluan ke multipartai sejak tahun 1990.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 2665114244494926289

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item