Kota-Kota Mana yang Tercantik dan Terindah di Dunia?

Kota-Kota Mana saja yang Tercantik dan Terindah di Dunia?
Florence, Italia/planetware.com
Ada segelintir kota di dunia yang diakui sebagai kota-kota paling cantik di muka bumi, karena beberapa alasan tertentu. Alasan pertama tentu karena keindahan kotanya yang tidak bisa ditemukan di kota lain, juga keberadaan sejarah seni dan budaya yang mengakar pada kota tersebut.

Di antara kota-kota indah di dunia yang mungkin biasa kita kenali, berikut ini sedikit kota yang diakui paling cantik.

Florance, Italia

Florance adalah ibu kota Provinsi Firenze, Italia Tengah. Kota ini dibelah oleh aliran Sungai Arno yang ada di kaki perbukitan Apennine. Saat ini, Florance dihuni oleh sekitar 500 ribu penduduk.

Keindahan Florance tidak hanya karena wujud kotanya yang asri, namun juga karena kota ini dikenal sebagai tempat kelahiran Renaissance. Sejak abad ke-14 sampai 16, Florence menjadi pusat budaya, ekonomi, dan keuangan, yang penting di Italia dan Eropa.

Florance juga dianggap sebagai kota pelopor kebangkitan seni budaya Italia. Banyak karya sastra penting yang lahir di kota ini. Sementara orang-orang besar dunia—khususnya yang memiliki peran dalam perkembangan Renaissance—juga dilahirkan di sana, termasuk Botticelli, Verrocchio, hingga Leonardo da Vinci.

Selain itu, Florance juga menjadi tempat banyak tokoh terkenal pernah hidup, di antaranya Brunelleschi (arsitek), Donatello (pematung), dan Mosaccio (pelukis). Galileo yang kesohor juga berasal dari Florence.

Paris, Prancis

Di masa lalu, Paris tidak seperti yang kita kenal sekarang. Berabad-abad yang lampau, Paris adalah kota labirin yang berisi jalan-jalan sempit dan membingungkan.

Semua itu berubah pada abad ke-19. Pada tahun 1852, Baron Haussmann, yang memimpin Paris kala itu, meratakan seluruh distrik di sana, dan menghancurkan labirin-labirin jalan sempit. Sebagai gantinya, di Paris dibangun jalan lebar dengan dilengkapi bangunan batu neo-klasik Bourgeoise.

Seiring dengan itu, Paris juga memberlakukan aturan mengenai ukuran bangunan yang harus disesuaikan dengan lebar jalan, khususnya untuk pembangunan baru di wilayah itu. Tinggi bangunan juga ditetapkan menurut lebar jalan yang dilalui, dan kode bangunan Paris telah mengalami berbagai perubahan sejak pertengahan abad ke-19 untuk konstruksi tinggi.

Karena semua perombakan itulah, Paris menjelma menjadi kota cantik seperti yang kita kenal sekarang. Karena kota ini benar-benar diatur dengan rapi, dengan penyesuaian-penyesuaian yang menjadikannya enak dilihat.

Athena, Yunani

Athena adalah kota yang menjadi pusat ekonomi, budaya, dan politik, di Yunani. Kota ini memiliki penduduk sekitar 800 ribu jiwa. Namun, jika daerah metropolitannya ikut dihitung, maka total penduduk di sana mencapai 4 juta jiwa.

Sudah sejak lama Athena dianggap sebagai pusat dan asal peradaban barat, karena kota ini telah mencapai puncak kebudayaan pada abad ke-4 dan ke-5, ketika wilayah-wilayah lain masih bisa dibilang “terbelakang”.

Karena itu pula, di Athena terdapat berbagai bangunan kuno yang megah, monumen yang menawan, sampai karya-karya seni yang tak lekang oleh waktu.

Salah satu landmark yang sangat terkenal di Athena adalah Acropolis, yang merupakan salah satu bukti kehebatan seni Yunani klasik. Semua hal indah dari masa lampau itu masih ada di Athena hingga kini, dan menjadikan Athena sebagai kota yang sangat cantik.

Barcelona, Spanyol

Barcelona memiliki luas wilayah 100,4 kilometer persegi, dan kota ini dibangun pada 230 Sebelum Masehi. Seiring dengan itu, berbagai arsitektur serta dekorasi bergaya modernis dan Art Nouveau (Seni Baru), dibangun di sana.

Berabad-abad kemudian, semua keindahan dari masa lampau itu masih terawat, terpelihara, hingga dapat dinikmati orang-orang di masa sekarang. Karena itu pula, Barcelona bisa dibilang sebagai sebuah galeri hidup dalam skala raksasa untuk karya-karya seni abad lampau.

Di sana terdapat kuil-kuil dan bangunan karya arsitek Antoni Gaud, gereja abad pertengahan, sisa tembok Romawi, dan plaza serta tempat orang berjalan-jalan—yang semuanya berasal dari masa lampau dan begitu indah, hingga memberi sensasi yang tak dapat ditemukan di tempat lain.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 445528800128754038

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item