Apa yang Disebut Terusan Suez, dan Kenapa Penting?

Apa yang Disebut Terusan Suez, dan Kenapa Penting?
Ilustrasi/tribunnews
Terusan Suez adalah terusan (jalur atau kanal) kapal yang menghubungkan Pelabuhan Said (Bur Sa’id) di Laut Tengah, dengan Suez (al-Suways) di Laut Merah. Dalam bahasa Arab, Terusan Suez disebut Qana al-Suways. Terletak di bagian barat Semenanjung Sinai, Terusan Suez memiliki panjang 163 kilometer.

Terusan ini dibuka pertama kali pada 1870, dan dibangun atas prakarsa insinyur Prancis, Ferdinand Vicomte de Lesseps.

Kenapa keberadaan Terusan Suez menjadi penting? Karena Terusan Suez memungkinkan kapal-kapal untuk berlayar dari Eropa ke Asia, tanpa harus mengelilingi Afrika.

Sebelum ada Terusan Suez, transportasi kapal—khususnya antara Eropa dan Asia—membutuhkan waktu sangat lama, karena harus mengelilingi Afrika terlebih dulu. Jalur Suez merupakan jalan pintas yang mempercepat pelayaran.

Karena pentingnya pula, jalur itu sempat menjadi rebutan beberapa pihak. Pada masa Perang Dunia I, Terusan Suez dikuasai Inggris. Jerman dan Turki Ottoman menyerang pasukan Inggris di sana, demi bisa merebut Terusan Suez.

Posisi Suez yang sangat strategis, karena menghubungkan Laut Mediterania dan Laut Merah, menjadikan terusan ini sebagai rebutan antara pasukan Sekutu dan Axis.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 2956172949782657641

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item