Mengapa Kerajaan Maroko Memiliki Banyak Nama?

 Mengapa Kerajaan Maroko Memiliki Banyak Nama?
Ilustrasi/dream.co.id
Nama Maroko, yang merujuk pada Kerajaan Maroko, sebagaimana yang dikenal dalam bahasa Indonesia, berasal dari bahasa Inggris; Morocco. Nama Morocco, yang digunakan bahasa Inggris, berasal dari bahasa Spanyol; Marruecos. Nama itu diambil dari bahasa Latin abad pertengahan, Morroch, yang merujuk pada bekas ibu kota Almoravid dan Almohad, yaitu Marrakesh.

Karenanya, dalam bahasa Parsi dan Urdu, Maroko secara sederhana disebut Marrakesh, seperti nama di masa pra-modern Arab. Dalam bahasa Turki, Maroko disebut Fas, yang berasal dari ibu kota kuno Idrisid dan Marinid, yakni Fes.

Ada dugaan bahwa kata Marrakesh kemungkinan merupakan kombinasi dua kata dalam bahasa Barber, yakni Mur-Akush, yang berarti Tanah Tuhan.

Kerajaan Maroko memiliki nama resmi dalam bahasa Arab, yaitu al-Mamlaka al-Magribiyya, yang bila diterjemahkan menjadi Kerajaan Barat. Kata al-Magrib atau Barat juga sering digunakan untuk merujuk negara ini.

Sementara untuk keperluan penelitian sejarah, para sejarawan abad pertengahan menggunakan Al-Maghrib al Aqsá, atau Yang Terjauh di Barat, untuk merujuk Maroko.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 1712448692099135705

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item