Bagaimana Sejarah dan Asal Usul Disneyland?

Bagaimana Sejarah dan Asal Usul Disneyland?
Ilustrasi/wdwprepschool.com
Disneyland adalah taman rekreasi atau taman bermain, yang ada di Anaheim, California—sekitar 28 mil dari Los Angeles. Disneyland resmi dibuka pada 17 Juli 1955, dan menjadi taman rekreasi Disney yang pertama didirikan di dunia.

Asal usul Disneyland tentu berasal dari pendirinya, Walt Disney. Dia adalah orang yang menciptakan karakter-karakter kartun terkenal, seperti Mickey Mouse dan semacamnya.

Pada waktu itu, taman rekreaksi untuk anak-anak belum tersedia, sehingga keluarga-keluarga yang ingin berekreasi biasanya mengajak anak-anak untuk menonton karnaval atau sirkus. Pada masa itu pula, karnaval atau sirkus kerap berpindah-pindah, dan atraksi yang dipertontonkan kadang tidak layak untuk disaksikan anak-anak.

Walt Disney menghadapi kenyataan semacam itu, ketika ia dan kakaknya, Ray Disney, mengajak keluarga masing-masing untuk mengunjungi karnaval dan sirkus. Walt terpikir untuk membuat taman bermain keluarga yang permanen—tidak berpindah-pindah—dan tanpa ada elemen negatif untuk anak-anak. Ray mendukung ide Walt, dan mereka menyadari bahwa taman bermain semacam itu belum pernah ada.

Sebelumnya, Walt Disney sering menerima surat dari banyak orang, yang meminta agar diizinkan untuk mengunjungi studio-studio Disney dan bertemu dengan tokoh Disney favorit mereka. Walt menyadari bahwa studio yang dipakai untuk bekerja tidak dapat menawarkan banyak hal kepada pengunjung yang datang.

Walt Disney lalu terpikir untuk membangun taman rekreasi di dekat studionya, sehingga para pengunjung yang datang bisa mengambil foto dengan patung tokoh Disney favorit.

Ide itu berkembang menjadi sebuah taman bermain kecil, dengan kolam dan perahu yang dapat dikendarai. Semula, taman itu akan diberi nama Taman Mickey Mouse. Tetapi, karena ide yang muncul semakin berkembang, namanya diubah menjadi Disneyland.

Walt Disney, yang memang seorang pemimpi ulung, percaya bahwa taman rekreasi yang dibangunnya akan berkembang dan disukai banyak orang. Keyakinan itu didukung oleh penelitian Institut Riset Stanford, yang membenarkan pandangan Walt Disney mengenai potensi perkembangan Disneyland.

Karenanya, Walt lalu membeli tanah seluas 730.000 m2—yang waktu itu berupa kebun jeruk dan daerah penuh pohon walnut—di Anaheim, California, daerah selatan Los Angeles.

Pada 18 Juli 1954, kontruksi pembangunan Disneyland dimulai, dan bersamaan dengan itu dibangun pula konstruksi jalan Route 101 untuk mengantisipasi pertambahan arus lalu lintas yang akan datang menuju Disneyland, lalu dua jalan lainnya juga ditambahkan pada jalan tol tersebut, bahkan sebelum Disneyland selesai dibangun.

Satu tahun kemudian, pada 17 Juli 1955, Disneyland resmi dibuka, meski waktu itu masih membatasi jumlah pengunjung.

Pada 18 Juli 1955, hari kedua pembukaan Disneyland, pengunjung sudah mengantre sejak jam 2 pagi. Tiga pengunjung pertama Disneyland hari itu, David MacPherson, Michael Schwartner dan Christine Vess, dihadiahi tiket masuk seumur hidup di Disneyland seluruh dunia.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 1273572875803311743

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item