Kapan dan Bagaimana Onde-Onde Masuk ke Nusantara?

Kapan dan Bagaimana Onde-Onde Masuk ke Nusantara?
Ilustrasi/unileverfoodsolutions.co.id
Usia onde-onde di Tanah Air ini lebih tua dari Indonesia, karena onde-onde sudah ada sebelum Indonesia merdeka.

Onde-onde, sebagaimana yang kita kenal sekarang, berasal dari Cina. Seperti kebanyakan makanan lain asal Cina yang kini dinikmati orang Indonesia, onde-onde juga masuk ke Nusantara melalui perantara orang-orang Cina yang datang ke negeri ini.

Diperkirakan, onde-onde mulai masuk ke Indonesia pada sekitar abad ke-15 hingga 16, saat Kerajaan Majapahit mulai mengalami masa keruntuhan. Bukti tertulis mengenai keberadaan onde-onde di Nusantara terdapat dalam Serat Centhini jilid VI.

Berdasarkan catatan di Serat Centhini, onde-onde muncul pada saat pernikahan Syekh Amongraga dengan Niken Tambangraras di Wanamarta. Pada acara pernikahan itu, banyak olahan makanan yang dibuat, dan salah satunya onde-onde.

Serat Centhini menceritakan kisah perjalanan pasangan Syekh Amongraga dan Tambangraras. Peristiwa yang ada dalam naskah tersebut terjadi sekitar tahun 1630, saat Sultan Agung Hanyakrakusuma berjaya di Kerajaan Mataram. Kisah perjalanan pasangan tersebut baru ditulis sekitar tahun 1814, dan masih dapat dibaca hingga saat ini.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Peristiwa 5287591129783004933

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item