Kota-Kota Purba Terindah di Dunia yang Kini Telah Lenyap

Kota-Kota Purba Terindah di Dunia yang Kini Telah Lenyap
Petra, Yordania/theplanetd.com
Dunia modern mengenal kota-kota purba melalui situs-situs yang ditemukan, yang telah lama ditinggalkan para penghuninya dari masa lalu. Melalui situs-situs itu, orang-orang modern mengenal, mempelajari, hingga tahu—atau setidaknya bisa membayangkan—seperti apa kota-kota dari zaman silam.

Situs-situs kota kuno itu tidak hanya merefleksikan kebesaran kebudayaan dan pencapaian manusia di masa lalu, namun juga keindahan yang pernah terpahat pada kehidupan sebelum kita.

Berikut ini adalah kota-kota purba terindah yang ditemukan melalui situs-situs tinggalan mereka. Ada kota yang telah ada sejak zaman prasejarah, ada pula yang dibangun pada zaman sejarah.

Petra, Yordania

Petra adalah kota dengan istana yang dipahat di sebuah bukit batu, dan kenyataan itu menjadi daya tarik penting situs kuno ini.

Diperkirakan, Petra dihuni manusia pada abad ke-2 Masehi. Para arkeolog menyimpulkan, sebagian bangunan yang ada di sana—disebut El-Deir—semula adalah kuil pemujaan, yang kemudian berubah menjadi gereja atau biara.

Machu Picchu, Peru

Machu Picchu adalah kota bangsa Inca yang terletak di atas gunung, yang penemuannya di zaman modern sempat menghebohkan dunia arkeologi.

Situs kota ini ditemukan sekitar 100 tahun yang lalu, dan sampai sekarang para arkeolog masih belum bisa memastikan apa fungsi Kota Machu Picchu di sana. Hal itu disebabkan karena bangsa Inca yang membangun kota itu tidak memiliki budaya tulis menulis, dan tidak ada tinggalan tertulis.

Palenque, Meksiko


Palenque adalah kota besar bangsa Maya yang pertama. Kota ini terletak di tengah hutan lebat di tenggara Meksiko, berbatasan dengan Guatemala. Bangsa Maya diperkirakan telah menghuni Kota Palenque sejak 3000 tahun yang lalu.

Setelah membangun Palenque, peradaban bangsa Maya kemudian sempat membangun kota besar lain, seperti Tikal, yang tergolong kota kosmopolitan untuk zaman mereka.

Troya, Turki


Troya adalah salah satu kota kuno yang sangat terkenal, bahkan sejak belum ditemukan. Keberadaannya diketahui melalui kisah yang ditulis Homer, seorang pujangga Yunani.

Situs tinggalan Kota Troya ditemukan di sebelah barat laut Turki pada abad ke-19, oleh arkeolog Jerman, Heinrich Schliemann. Ia menggali di kota Hisarlik, dan tanpa sengaja menemukan situs Troya yang legendaris.

Mohenjo Daro, Pakistan

Mohenjo Daro menjadi salah satu kota tertua di Asia, juga di dunia. Kota dari zaman kuno ini dapat berkembang karena mendapat air yang mengalir dari Sungai Indus.

Situs Mohenjo Daro ditemukan pada tahun 1921, dan usianya diperkirakan mencapai 4.500 tahun. Di masa lalu, Mohenjo Daro menjalankan aktivitas perdagangan dengan kota kuno lain, Mesopotamia.

Palmyra, Siria

Juga dikenal dengan nama Tadmor, Kota Palmyra memiliki peran penting dalam aktivitas perdagangan sejak abad ke-19.

Para pedagang sudah singgah ke Palmyra sejak tahun 300 Masehi, untuk beristirahat sebelum meneruskan perjalanan ke Mesopotamia dan Persia. Karena letaknya yang strategis di jalur perdagangan, Palmyra pernah dijajah bangsa Romawi di awal Masehi.

Tanis, Mesir

Tanis adalah kota yang sangat misterius, bahkan dianggap sebagai salah satu kota paling misterius di dunia. Kota ini pernah menjadi pusat atau ibu kota Mesir kuno.

Di kota ini pula, salah satu temuan penting di dunia arkeologi terjadi, yaitu penemuan mumi keluarga Kerajaan Mesir. Penemuan yang sangat menghebohkan itu setara dengan penemuan mumi Tutankhamun.

Great Enclosure, Zimbabwe

Great Enclosure sering disebut sebagai kota yang muncul dalam berbagai kitab suci, yaitu tempat Ratu Sheba. Sejauh ini, para arkeolog belum dapat menyimpulkan secara jelas mengenai peran dan fungsi kota kuno tersebut.

Bukti-bukti sementara menghasilkan simpulan kalau kota ini dibangun oleh Suku Shona, leluhur Suku Bantu sekitar 1.250 tahun lalu, dan diperkirakan sebagai pusat kota pemujaan.

Nimrud, Irak

Nimrud terletak di utara Irak, dan menjadi ibu kota Kerajaan Asiria. Asiria muncul di catatan sejarah pada abad-14 sebelum Masehi. Nimrud sangat ditakuti pada zamannya, karena kejam dan haus darah, serta senang menjajah kota-kota di sekelilingnya.

Mereka mendominasi wilayah Irak-Iran-Turki dan sekitarnya. Sekitar tahun 612 SM, para penduduk Nimrud mulai meninggalkan kota itu, dan pindah ke Kota Nineve, gara-gara terjadi perebutan wilayah dengan tetangganya, Babilonia.

Persepolis, Iran

Inilah kota kuno terbesar dan berpengaruh dalam sejarah dunia. Persepolis adalah salah satu ibu kota Kerajaan Persia. Sebegitu besar Kerajaan Persia di masa lalu, hingga mereka punya empat ibu kota, yang salah satunya Persepolis.

Persepolis dibangun pada 520 sebelum Masehi, dan dihiasi dengan arsitektur yang megah sekaligus rumit. Bangunan-bangunannya dihiasi perak dan emas, dilengkapi pahatan-pahatan berkualitas tinggi.

Dalam sejarah, Persepolis dan Persia jatuh dalam jajahan Alexander Agung, yang lalu membakar kota ini hingga rata dengan tanah. Sekarang, sisa-sisanya masih bisa dilihat di Iran.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 5561325974029978423

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item