Sejak Kapan Komputer Digunakan Secara Luas di Dunia?

Sejak Kapan Komputer Digunakan Secara Luas di Dunia?
Ilustrasi/istimewa
Segala hal memiliki awal, begitu pula komputer. Benda yang sekarang kita sebut komputer, yang bisa dibilang ada di setiap rumah, pada mulanya adalah benda berukuran raksasa, sulit dioperasikan, dan harganya sangat mahal. Dengan semua kondisi itu, komputer jelas bukan barang yang diinginkan semua orang.

Tapi komputer mengalami evolusi, pengembangan, dan makin lama ukurannya semakin kecil, semakin mudah dioperasikan, dan harganya semakin terjangkau. Masa yang menandai komputer semacam itu adalah era 1970-an, ketika perusahaan-perusahaan perakit komputer mulai menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum.

Pada masa itu, komputer-komputer yang ditawarkan pada masyarakat umum disebut minikomputer, dan dijual dengan paket peranti lunak yang mudah digunakan kalangan awam.

Peranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.

Pada 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan pun melonjak dari 2 juta unit pada 1981 menjadi 5,5 juta unit pada 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan di dunia.

Setelah itu, komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

Dalam hal itu, IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh, memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputer mereka, sementara IBM masih menggunakan komputer berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan peranti mouse.

Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM kompatibel dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (serial dari CPU buatan Intel). Kita juga mengenal AMD k6, Athlon, dan sebagainya. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat, yakni komputer yang kita gunakan sekarang.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 5174505191780387781

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item