Kota-Kota Tertua yang Bersejarah di Dunia

Kota-Kota Tertua yang Bersejarah di Dunia
Plovdiv, Bulgaria/urboapp.com
Kota-kota tua identik dengan sejarah dan budaya masa lalu. Ada banyak kota tua di dunia, namun sebagian telah lenyap atau hilang, sebagian lain masih ada tapi kosong tak dihuni.

Ada pula kota-kota tua yang tetap eksis sampai sekarang, namun minim nilai sejarah. Hanya sedikit kota tua dan bersejarah yang masih tetap dihuni sampai sekarang. Di antara yang sedikit itu, berikut ini di antaranya.

Damaskus, Suriah

Selain dikenal sebagai kota tertua, Damaskus juga disebut sebagai ibu kota budaya Arab. Damaskus telah dihuni sejak 11.000 tahun yang lalu, dan masih terus dihuni sampai sekarang, menghubungkan manusia ke setiap peradaban.

Di Damaskus terdapat masjid terkenal, yaitu Masjid Umayyad atau Masjid Agung Damaskus, yang menjadi salah satu masjid tertua di dunia.

Athena, Yunani

Athena, Yunani, adalah kota metropolis di zaman kuno, yang menjadi sumber atau awal peradaban barat masa kini. Kota kuno ini telah dihuni selama lebih dari 7.000 tahun, dan terkenal dengan ikon patung Aristoteles, salah satu filsuf besar yang pernah hidup di sana.

Sedangkan salah satu bangunan seni yang terkenal di Athena adalah Acropolis, yang merupakan karya seni Yunani klasik.

Plovdiv, Bulgaria

Plovdiv adalah kota terbesar kedua di Bulgaria. Cukup mengherankan bahwa kota ini ternyata sangat kuno, bahkan lebih tua dibandingkan Roma, Kartagoa, atau Konstantinopel. Plovdiv telah berdiri sejak 6.000 tahun yang lalu, dan menjadi pusat ekonomi, pendidikan, serta pusat budaya penting di Bulgaria.

Rayy, Iran

Semula, kota ini bernama Rhogee, dan letaknya dekat Teheran. Kota Rayy telah dihuni manusia sejak 5.000-6.000 tahun yang lalu. Kota itu juga terkenal sebagai kawasan sejumlah besar penganut Zoroastrianisme (ajaran filosofi yang didasari ajaran Zarathustra, yang dalam bahasa Yunani disebut Zoroaster).

Di kota tua itu masih terdapat Kastil Gebri, yang telah berusia 3.000 tahun, namun masih berdiri dengan megah.

Yerusalem, Israel

Yerusalem adalah kota tua terkenal, dari zaman dulu sampai sekarang. Kota ini telah berdiri sejak 4.000-5.000 tahun yang lalu, dan keberadaannya dianggap penting oleh agama-agama besar dunia, karena memiliki banyak situs suci umat Muslim, Nasrani, dan Yahudi.

Kini, kota tua Yerusalem terbagi menjadi empat distrik, yaitu Yahudi, Kristen, Muslim, dan Armenia.

Luoyang, Cina

Luoyang terletak di wilayah dataran tengah Cina, di antara Sungai Luo dan Yi. Dikenal sebagai kota tertua di Asia yang dihuni manusia, Luoyang juga terkenal sebagai pusat penting kebudayaan serta ilmu pengetahuan.

Varanasi, India

Varanasi adalah kota tertua Hindu di India, yang telah dihuni sejak 3.000 tahun yang lalu. Terletak di tepi Sungai Gangga, Varanasi menjadi situs penting bagi umat Hindu. Kota ini juga terkenal dengan nama Benares, dan telah menghasilkan banyak tokoh terkenal India, meliputi musisi, filsuf, hingga pujangga.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 935567749274233799

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item