Kota-Kota Mana yang Punya Pemandangan Terindah di Malam Hari?

Kota-Kota Mana yang Punya Pemandangan Terindah di Malam Hari?
Hong Kong/his-travel.co.id
Kota-kota besar atau kota-kota modern biasanya ditandai dengan keberadaan gedung-gedung pencakar langit yang tinggi menjulang. Gedung-gedung tinggi itu bisa difungsikan untuk berbagai tujuan. Bisa untuk perkantoran, hunian semacam apartemen, pusat perbelanjaan dan hiburan, hotel, sampai menara observasi.

Pada waktu siang hari, keberadaan gedung-gedung tinggi pencakar langit mungkin tampak biasa, selain bahwa gedung-gedung itu sangat tinggi. Tetapi, pada malam hari, gedung-gedung pencakar langit bisa memberi efek yang mengagumkan, khususnya jika memang dirancang untuk demikian. Efek mengagumkan itu ditimbulkan dari lampu-lampu yang menyala di dalam atau di sekitarnya.

Ada banyak kota yang memahami kenyataan itu, dan mereka pun sengaja merancang gedung-gedung tinggi miliknya untuk dapat menghadirkan sensasi mengagumkan saat malam hari. Hasilnya, saat malam tiba, dan lampu-lampu menyala, cahaya dari gedung-gedung tinggi itu menyuguhkan pesona yang menakjubkan.

Di antara kota-kota yang memiliki keindahan semacam itu, berikut ini sepuluh yang dianggap paling indah.

Hong Kong, Cina

Hong Kong memiliki 43 bangunan yang mencapai tinggi 200 meter, yang 30 di antaranya dibangun pada tahun 2000. Di sana juga terdapat sejumlah kondominium perumahan dengan 60 lantai. Di antara 17 gedung tertinggi di dunia, 4 di antaranya ada di Hong Kong. Karena kenyataan itu, Almanac of Architecture menjuluki Hong Kong sebagai “kota tertinggi di dunia”.

Pada waktu siang hari, keberadaan gedung-gedung tinggi pencakar langit yang berbeda ukuran itu mungkin tampak biasa-biasa saja. Tetapi, pada malam hari, saat lampu-lampu pada masing-masing gedung mulai menyala, hasilnya adalah tampilan yang sangat mengesankan.

Hong Kong tampak seperti sebuah cakrawala, dan gedung-gedung tinggi yang bersinar terang tampak seperti lukisan langit.

Chicago, Amerika Serikat

Chicago membangun gedung pencakar langit pertama pada tahun 1885, dan struktur bangunan yang menjulang tinggi itu kemudian mengubah hampir setiap kota di muka bumi. Sejak itu, gedung-gedung pencakar langit dibangun di mana-mana, sebagai solusi “praktis” hunian penduduk yang terus meningkat.

Chicago memiliki 20 bangunan dengan tinggi lebih dari 200 meter, tiga di antaranya masuk dalam daftar 20 gedung tertinggi di dunia. Selain bangunan modern dalam bentuk gedung pencakar langit, Chicago juga memiliki beberapa arsitektur abad pertengahan terbaik.

Saat malam hari, perpaduan antara gedung modern dan arsitektur kuno memberi pemandangan menakjubkan yang sulit dilihat di tempat lain.

New York, Amerika Serikat

New York adalah kota yang mengoleksi gedung pencakar langit dalam jumlah banyak. Setidaknya ada 48 gedung pencakar langit di sana, yang semuanya mencapai tinggi 200 meter.

Empat bangunan tertinggi di New York dibangun pada awal 1930-an. Selain gedung-gedung tinggi, New York juga memiliki koleksi bangunan dalam ragam gaya, serta Patung Liberty yang berdiri menjulang.

Beberapa gedung terkenal di New York di antaranya adalah Empire State Bulding, Gedung PBB, hingga World Trade Center Towers yang sekarang sudah hancur akibat peristiwa 9/11. Pada waktu malam hari, ketika gedung-gedung dan bangunan lain mulai menyalakan cahaya lampu, hasilnya seperti pertunjukan langit yang memukau.

Shanghai, Cina

Ketika malam hari, Shanghai terlihat seperti stasiun ruang angkasa. Meski mungkin terdengar berlebihan, namun seperti itulah pemandangan yang diperlihatkan kota ini melalui cahaya dari gedung-gedung pencakar langit yang dimilikinya.

Shanghai adalah salah satu kota dengan ekonomi terbesar di dunia. Seperti kota-kota besar lain, Shanghai juga mengoleksi gedung-gedung pencakar langit yang berbaris di sepanjang tepi garis pantai, membentuk setengah lingkaran di distrik Pudong.

Ada 28 bangunan pencakar langit yang mencapai tinggi 200 meter, 2 buah gedung mencapai tinggi 400 meter, dan satu lagi—Oriental Pearl TV Tower—yang tingginya mencapai 468 meter.

Singapura

Singapura adalah negara kota yang mewah. Meski secara ukuran bisa dibilang tidak terlalu luas, tapi Singapura memiliki semua ciri khas kawasan modern, termasuk gedung-gedung tinggi pencakar langit.

Ada tiga bangunan gedung yang mencapai tinggi 280 meter, dan ada 11 gedung yang mencapai tinggi 200 meter.

Bangunan-bangunan pencakar langit itu ditata dengan apik, melalui sistem tata kota yang benar-benar terencana. Ketika malam hari, saat gedung-gedung yang menjulang tinggi itu menyala, hasilnya adalah pertunjukan yang memanjakan mata.

Tokyo, Jepang

Tokyo adalah kota padat yang modern. Karena kepadatan itu pula, Tokyo pun membangun gedung-gedung tinggi pencakar langit sebagai tempat hunian. Setidaknya ada 18 struktur bangunan yang mencapai tinggi 200 meter, termasuk Tokyo Tower yang berubah warna setiap malam.

Ketika malam tiba, dan bangunan-bangunan tinggi menjulang itu mulai menyalakan cahaya, Tokyo seperti sedang merayakan sesuatu yang meriah. Karena hal itu pula, wilayah Tokyo kerap dijadikan setting film Hollywood, karena kemegahan dan keindahannya.

Toronto, Kanada

Toronto adalah tempat pertemuan banyak budaya dan etnis. Kota ini memiliki satu distrik keuangan terpenting di Amerika Utara, yang hanya dapat dikalahkan oleh New York dan Chicago.

Sebagai kota modern, Toronto juga memiliki gedung-gedung pencakar langit, setidaknya 7 buah, dengan tinggi mencapai 200 meter. Salah satu yang paling menjulang adalah CN Tower, yang mencapai tinggi 443 meter.

CN Tower disebut sebagai struktur bangunan tertinggi di Amerika Utara. Saat ini, CN Tower juga dilengkapi dek observasi tertinggi di dunia, sehingga menjadikannya mudah terlihat dari mana pun.

Selain gedung-gedung tinggi, Toronto juga memiliki beragam arsitektur terkenal, termasuk balai kota. Seiring dengan itu, Toronto juga mulai membangun kondominium-kondominiun 30 lantai, yang berdiri berjajar di sepanjang tepi danau dan di pinggiran kota.

Pada waktu siang hari, semua yang ada di sana mungkin tampak biasa. Tetapi, Toronto seperti berubah menjadi kota lain ketika malam tiba.

Kuala Lumpur, Malaysia

Bersama Singapura, Kuala Lumpur disebut sebagai kota dengan revolusi ekonomi di Asia Tenggara. Seperti kota modern lain, Kuala Lumpur juga memiliki gedung-gedung pencakar langit. Setidaknya ada 10 struktur bangunan yang mencapai tinggi 200 meter, tiga di antaranya masuk dalam daftar 25 gedung tertinggi di dunia.

Kuala Lumpur juga memiliki menara kembar tertinggi, yaitu Menara Petronas, yang mencapai tinggi 420 meter. Ketika malam hari, Kuala Lumpur bagaikan bersinar cahaya, dan menjadikan kota ini tampak sangat indah.

Shenzen, Cina

Pada 1970-an, Shenzen hanyalah sebuah desa nelayan kecil. Tetapi, kini, Shenzen telah berubah menjadi sebuah kota modern, dengan penduduk mencapai enam juta jiwa. Shenzen juga telah memiliki 20 bangunan pencakar langit yang mencapai tinggi 200 meter, termasuk Shun Hing Square, yang merupakan bangunan tertinggi ke-8 di dunia.

Pada malam hari, Shenzen seperti menyuguhkan tontonan atraktif. Lampu-lampu neon yang ditata dengan sangat apik di gedung-gedung tinggi, menjadikan cahaya yang memendar di sana-sini menampakkan pemandangan menakjubkan.

Seattle, Amerika Serikat

Seattle adalah kota teknologi, sekaligus menjadi salah satu pusat budaya di Amerika. Seattle juga menjadi kota bisnis terpenting di kawasan Eropa. Kota ini memiliki 4 bangunan yang mencapai tinggi 200 meter, yang terkenal adalah Space Needle, yang ditujukan sebagai menara observasi.

Selain teknologi perkotaan yang modern, dan gedung-gedung tinggi pencakar langit, Seattle juga dikelilingi oleh pegunungan. Pada malam hari, ketika semuanya itu berpadu—ditambah kerlip cahaya lampu—hasilnya adalah efek seperti dalam lukisan.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 4459789401527195128

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item