Apa Bank Pertama yang Didirikan Pemerintah Indonesia?

Apa Bank Pertama yang Didirikan Pemerintah Indonesia?
Ilustrasi/semarak.co
Setelah merdeka dan pemerintahan dibentuk, pemerintah Indonesia pun mulai memikirkan untuk memiliki bank sendiri, dengan mata uang sendiri, sebagai salah satu ciri negara merdeka.

Pada 5 Juli 1946, pemerintah Indonesia mendirikan bank dengan nama Bank Negara Indonesia, yang kemudian populer dengan singkatan BNI. Bank ini pula yang kemudian mengedarkan alat pembayaran resmi pertama yang dikeluarkan pemerintah Indonesia—disebut Oeang Republik Indonesia atau ORI—pada malam menjelang tanggal 30 Oktober 1946

Kedua hal itu menandai peristiwa penting dalam sejarah Indonesia pasca-kemerdekaan, hingga 5 Juli (tanggal pendirian BNI) ditetapkan sebagai Hari Bank Nasional, sementara 30 Oktober (tanggal peredaran uang resmi Indonesia pertama kali) ditetapkan sebagai Hari Keuangan Nasional.

Semula, BNI dimaksudkan sebagai bank sentral oleh pemerintah Indonesia. Namun, di Indonesia waktu itu sudah ada De Javsche Bank, yang merupakan warisan dari pemerintah Belanda, dan bank tersebut yang lalu ditunjuk sebagai bank sentral, pada 1949.

Karena hal itu, Bank Negara Indonesia lalu ditetapkan sebagai bank pembangunan, dan diberi hak untuk bertindak sebagai bank devisa, dengan akses langsung untuk transaksi luar negeri.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 3647250921644053899

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item