Kota-Kota Mana yang Paling Sehat di Dunia?

Kota-Kota Mana yang Paling Sehat di Dunia?
Wina, Austria/globalkomunika.com
Bagaimana mengukur tingkat kesehatan suatu kota? Ada banyak faktor yang bisa dijadikan ukuran, di antaranya angka harapan hidup, rasio antara dokter dan pasien, tingkat kematian bayi, risiko penyakit, sarana olah raga, kebiasaan dan gaya hidup sehat penduduknya, hingga tingkat polusi atau racun yang ditemukan di sana.

Tingginya angka harapan hidup penduduk suatu kota bisa dijadikan tolak ukur bahwa kota tersebut cenderung sehat. Hal itu umumnya terkait dengan jumlah dokter serta pelayanan kesehatan yang memadai, dan risiko penyakit yang rendah. Tingkat kematian bayi yang rendah juga bisa menjadi indikator bahwa suatu kota tergolong sehat.

Kemudian, ketersediaan sarana olah raga yang cukup, kebiasaan dan gaya hidup penduduknya yang baik, dan minimnya polusi, adalah beberapa ciri kota yang sehat.

Terkait hal tersebut, berikut ini beberapa kota yang terkenal sebagai kota-kota paling sehat di dunia.

Reykjavik, Islandia

Reykjavik, ibu kota Islandia, adalah tempat yang bersih, indah, sekaligus sehat. Secara keseluruhan, Islandia memiliki tingkat risiko penyakit yang rendah.

Sebagai ilustrasi, prevalensi tuberkulosis di sana hanya 2,2 per 100.000 penduduk, dan tidak ada kasus flu burung H1N1 di sana. Islandia juga memiliki jumlah dokter yang tinggi, dengan perbandingan 3,62 per 1.000 warga.

Gaya hidup yang sehat juga menjadi kebiasaan warga Islandia. Di sana terdapat panas bumi yang menjadikan Islandia memiliki kolam-kolam air panas terbuka, yang tersebar di seluruh negeri.

Karenanya, warga Islandia menjadikan berenang sebagai olah raga favorit, bahkan berenang dimasukkan ke dalam kurikulum wajib pendidikan, dalam 60 tahun terakhir. Selain berenang, olah raga outdoor lain yang biasa dilakukan warga Islandia adalah hiking dan berlayar.

Kota-kota di Islandia, khususnya Reykjavik, memiliki tingkat kepemilikan kendaraan yang sangat tinggi, mencapai 522 kendaraan per 1.000 penduduk. Meski begitu, dengan penataan yang rapi, kemacetan jarang terjadi di sana, dan hasilnya tingkat polusi juga sangat rendah.

Wina, Austria

Austria memiliki udara yang bersih dan lingkungan yang sehat, khususnya Wina. Tingkat kematian bayi di sana sangat rendah, hanya 4 per 1.000 kelahiran. Sementara rasio dokter di sana mencapai 3,38 dokter per 1.000 warga.

Penduduk Austria juga tercakup dalam asuransi yang dijamin pemerintah, segera setelah mereka mendapat pekerjaan atau masuk universitas. Sedangkan jaminan hidup pensiunan juga secara otomatis dijamin oleh hukum.

Wina terkenal dengan permainan ski di musim dingin, juga kegiatan-kegiatan outdoor di musim panas. Marathon adalah olah raga paling populer di sana, yang menarik 10.000 peserta per tahun. Pada 2005, ketika Austria mengadakan kejuaraan dunia hoki es, pertandingan finalnya diselenggarakan di Wina.

Sydney, Australia

Selain memiliki udara yang bersih, Australia memiliki sistem perawatan kesehatan yang dianggap terbaik di dunia. Setiap warga Australia diikutkan dalam program asuransi, dan hukum Australia mewajibkan perusahaan asuransi untuk melakukan pembiayaan bagi setiap tertanggung, tanpa peduli kesehatan masa lalunya.

Karena memiliki sistem kesehatan yang sangat baik, Australia pun memiliki tingkat harapan hidup yang tinggi, mencapai 81,81 tahun. Terkait udara yang bersih dan lingkungan yang sehat, Sydney menjadi percontohan di sana.

Di Sydney, ada lima taman nasional yang berupa 8.000 kilometer persegi ruang terbuka hijau. Karenanya, udara di Sydney sangat sehat dan minim polusi.

Zurich, Swiss

Swiss adalah negara yang sangat memperhatikan kesehatan penduduknya. Pemerintah Swiss menganggarkan lebih dari 11 persen PBD (Produk Domestik Bruto) untuk kebutuhan kesehatan warga. Itu merupakan pengeluaran yang sangat tinggi dalam hal kesehatan per kapita. Sementara rasio dokter di Swiss adalah 3,61 per 1.000 penduduk.

Hasilnya, warga Swiss pun memiliki angka harapan hidup yang tinggi, mencapai 71 tahun bagi pria dan 75 tahun bagi wanita.

Sementara Zurich, kota terbesar di Swiss, merupakan tempat yang sangat sehat, dengan warga yang menjalani gaya hidup sehat. Ada banyak taman dan kebun di Zurich, dan sebagian besar penduduk di sana senang menikmati gaya hidup aktif, sementara olah raga menjadi bagian penting budaya di sana.

Karena banyaknya fasilitas olah raga di Zurich, beberapa federasi olah raga internasional pun membuat markas di sana.

Helsinki, Finlandia

Finlandia dikenal sebagai negara dengan udara yang bersih dan minim polusi. Di sana, angka kematian bayi pun sangat rendah, hanya 3 per 1.000 kelahiran. Sementara angka harapan hidup warga Finlandia rata-rata mencapai 79,27 tahun.

Helsinki, ibu kota Finlandia, juga mencerminkan kota yang bersih dan minim polusi. Di kota ini hanya ada 390 mobil per 1.000 penduduk. Kenyataan itu menjadikan udara di sana minim polusi.

Bandingkan dengan kota lain yang memiliki ukuran serupa, semisal Brussels atau Stockholm. Di Brussels, Belgia, ada 483 mobil per 1.000 penduduk. Sementara di Stockholm, Swedia, terdapat 401 mobil per 1.000 penduduk.

Calgary, Kanada

Calgary adalah kota terbesar di Provinsi Alberta, Kanada. Terletak di selatan provinsi, di daerah kaki bukit dan padang rumput, sekitar 80 kilometer sebelah timur Canadian Rockies.

Calgary dianggap sebagai kota dengan pertumbuhan tercepat di Kanada. Meski begitu, kota ini selalu mampu menjaga kebersihan dan kesehatan. Dalam survei yang dilakukan majalah Forbes, Calgary menempati peringkat atas dalam urusan kebersihan.

Kemampuan Calgary menjaga kebersihan dan kesehatan ditunjang oleh negaranya, yaitu Kanada. Kanada memiliki sistem kesehatan yang baik, dengan rasio dokter 2,1 per 1.000 penduduk. Rata-rata penduduk di sana juga memiliki angka harapan hidup yang tinggi, mencapai 81 tahun.

Portland, Amerika Serikat

Portland adalah kota yang ada di negara bagian Oregon, Amerika Serikat, dan terkenal sebagai kota yang bersih dan sehat. Di Portland terdapat 227 mil jalur sepeda, yang didukung udara bersih, yang memungkinkan warga di sana menikmati aktivitas bersepeda dan berolah raga.

Karena hujan cukup sering turun di sana, Portland pun menyediakan tempat-tempat olah raga indoor yang banyak dimanfaatkan warga. Selain itu, Portland memiliki 277 taman, dan 146 mil kawasan untuk hiking.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 8994585797054339551

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item