Benarkah Berjemur di Pagi Hari Dapat Meningkatkan Kecerdasan?

Benarkah Berjemur di Pagi Hari Dapat Meningkatkan Kecerdasan?
Ilustrasi/titiknol.co.id
Selama ini kita mungkin sering mendengar manfaat berjemur bagi kesehatan tubuh, karena berjemur memungkinkan tubuh menghasilkan vitamin D. Namun, ternyata, aktivitas berjemur sinar matahari tidak hanya baik untuk menunjang kesehatan, namun juga kecerdasan. Kenyataan itu diketahui dalam studi para ilmuwan Universitas Manchaster, Inggris, yang melibatkan 3.000 pria berusia 40-79 tahun.

Dalam studi yang dilakukan, 3.000 pria yang menjadi responden diminta untuk menyelesaikan berbagai tes yang menguji kecepatan dan kecermatan otak mereka dalam mengolah dan mengingat informasi. Para peneliti juga mengukur kadar vitamin D di dalam darah mereka masing-masing.

Ternyata, responden yang memiliki kadar vitamin D paling tinggi dalam darah meraih prestasi paling baik. Hasil penelitian ini diterbitkan di Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry.

Vitamin D diproduksi oleh tubuh, ketika kulit terkena sinar matahari. Selain itu, vitamin D juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi beberapa jenis ikan tertentu. Lalu apa kaitan vitamin D dengan peningkatan kecerdasan, seperti yang terlihat dalam penelitian ini?

David Lee, yang menjadi kepala tim peneliti, menyatakan, ”Hubungan kadar vitamin D dengan kecepatan mengolah informasi sangat mencolok, terutama pada pria di atas 60 tahun. Namun apa penyebab pastinya, masih harus diteliti.”

Meski sinar matahari memiliki dampak yang baik, namun para peneliti juga mengingatkan agar berhati-hati. Karena sinar matahari juga bisa menyebabkan kanker kulit.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 6457366801775081392

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item