Berapa Banyak Tinja yang Dihasilkan Orang Seumur Hidupnya?

Berapa Banyak Tinja yang Dihasilkan Orang Seumur Hidupnya?
Ilustrasi/okezone.com
Tinja atau feses adalah ampas atau kotoran yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, dan dikeluarkan dalam proses buang air besar. Karena manusia mengonsumsi makanan dan minuman setiap hari, rata-rata kita pun buang air besar setiap hari—meski sebagian orang ada pula yang buang air besar dua sampai tiga hari sekali.

Banyaknya tinja atau feses yang dihasilkan orang per orang, tergantung pada banyak faktor. Dari faktor usia, berat badan, pola makan, kegiatan olahraga yang dilakukan, dan faktor lain. Meski begitu, rata-rata setiap orang menghasilkan 400-500 gram tinja setiap hari. Setidaknya, itulah yang dinyatakan Kim Barrett dari University of California, San Diego, yang banyak melakukan penelitian terkait feses manusia.

Bila orang menghasilkan 400 gram per hari, maka dalam sepekan jumlahnya bisa mencapai 2,8 kg. “Bila diakumulasi,” kata Kim Barrett, “setiap orang rata-rata memproduksi 145 kg tinja dalam setahun, atau hampir sama dengan berat seekor panda dewasa.”

Untuk menghitung jumlah tinja yang dihasilkan seseorang, Kim Barrett menggunakan usia harapan hidup rata-rata orang AS, yaitu 76 tahun untuk pria, dan 81 tahun untuk wanita.

Artinya, selama 76 tahun, seorang pria AS dapat menghasilkan rata-rata 11.030 kg tinja untuk seumur hidupnya. Sedangkan seorang wanita AS dapat menghasilkan rata-rata 11.757 kg untuk seumur hidupnya, atau setara dengan berat tiga badak jantan dewasa. Sangat mengesankan!

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 4742504781757779620

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item