Apa Perbedaan Semen dan Beton Dalam Konstruksi?

 Apa Perbedaan Semen dan Beton Dalam Konstruksi?
Ilustrasi/istimewa
Semen dan beton adalah dua hal yang berbeda, meski keduanya sering digunakan dalam pembuatan konstruksi bangunan atau jalan raya.

Istilah semen mengacu pada bahan bangunan yang sifatnya mengikat, dan digunakan untuk merekatkan material lain yang digunakan. Semen biasanya dicampur dengan pasir dan air. Saat pasir dan air bercampur dengan semen, masing-masing material itu saling mengikat, hingga bisa digunakan untuk keperluan pembangunan atau konstruksi.

Sedangkan beton adalah campuran dari berbagai material, seperti pasir, kerikil, batu-batu kecil, dan mungkin material lain, yang saling direkatkan dengan bantuan semen. Campuran itu kemudian dicetak atau digunakan, lalu dibiarkan mengering hingga mengeras, dan membentuk sesuatu yang kemudian kita sebut beton.

Beton adalah struktur yang mirip batu, namun dibentuk dari semen dan bahan campuran lain, sementara semen hanya salah satu campuran dalam proses pembuatan beton. Semen hanya berfungsi untuk mengikat pasir dan batu kerikil, serta material lain, untuk membentuk beton.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 5427984828134967070

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item