Bisakah Flu Burung Menular dari Manusia ke Manusia?

Bisakah Flu Burung Menular dari Manusia ke Manusia? naviri.org, Naviri Magazine, naviri
Ilustrasi/istimewa
H5N1 adalah bentuk paling umum flu burung. Virus ini tidak hanya menyerang dan mematikan unggas, tapi juga dapat menular pada manusia serta hewan lain, melalui kontak dengan si pembawa virus.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, virus flu burung pertama kali menjangkiti manusia pada 1997. Masih menurut WHO, tingkat mortalitas atau kasus kematiannya hampir 60 persen dari total pasien yang terinfeksi.

Meski ada beberapa jenis flu burung, H5N1 adalah virus flu burung pertama yang menginfeksi manusia. Kasus pertama terjadi di Hong Kong pada 1997 silam. Wabah tersebut dikaitkan dengan penanganan unggas yang terinfeksi.

Sampai sekarang belum pernah ditemukan virus menular melalui kontak manusia ke manusia. Meski begitu, sebagian ahli khawatir H5N1 berpotensi mengakibatkan ancaman pandemi bagi manusia.

Sebagai catatan, berikut adalah gejala-gejala yang dikaitkan dengan flu burung; batuk, diare, kesulitan bernapas, demam lebih dari 38 derajat Celcius, sakit kepala, nyeri pada otot, lemas dan tidak enak badan, hidung meler, dan sakit tenggorokan.

Jika merasakan gejala tersebut, dan kita curiga telah terinfeksi virus flu burung, disarankan untuk segera memberi tahu petugas medis, sebelum datang ke di rumah sakit atau menjumpai dokter. Pemberitahuan terlebih dulu itu merupakan upaya kewaspadaan, sekaligus pencegahan bagi mereka yang akan merawat kita.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 6684061303399294404

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item