Kota-Kota Mana di Dunia yang Terkenal dengan Kulinernya?

Kota-Kota Dunia yang Terkenal dengan Kulinernya, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Palermo, Italia/booking.com
Selain menikmati pemandangan alam, budaya lokal, atau keindahan kota, berwisata ke luar negeri bisa dimanfaatkan pula untuk menikmati kuliner yang khas. Ada banyak kota di beragam negara yang menyediakan sajian kuliner khas yang sulit dilupakan karena kelezatannya.

Jika kita termasuk penyuka wisata kuliner, kota-kota berikut ini bisa dimasukkan ke dalam daftar kunjungan, untuk menemukan sajian kuliner yang sulit ditemukan di tempat lain.

Singapura

Setiap tahun, sepanjang bulan Juli, Singapura mengadakan Singapore Food Festival. Acara itu menyajikan berbagai makanan lezat khas Asia, termasuk kuliner yang menjadi ciri khas Singapura, kepiting saus pedas.

Dalam urusan makanan, kawasan yang paling populer di sana adalah Clarke Quay atau Boat Quay yang menjadi markas berbagai restoran. Kita juga bisa mengunjungi Chinatown Food Street dan Lau Pat Sat Festival Market untuk menikmati makanan lokal terbaik.

Sementara restoran top di Singapura di antaranya adalah One Rochesterm dan Lei Garden, yang menyajikan hidangan utama scallop dalam saus kacang hitam, dan hiu panggang.

Edinburgh, Skotlandia

Ada tiga restoran di Edinburgh yang memperoleh tiga Bintang Michelin, yaitu Martin Wishart, Number One, dan The Kitchin. Edinburgh juga menjadi tempat bercampurnya berbagai budaya. Karenanya, di mana pun terdapat banyak tempat makan, pub, serta festival.

Untuk urusan festival, yang paling populer adalah Taste of Edinburgh Festival, saat penduduk lokal dan para wisatawan bisa menemukan berbagai macam makanan dan minuman khas Skotlandia.

Edinburgh sudah lama dikenal sebagai surga bagi penggemar makanan. Karena pasar, produsen makanan, rumah-rumah teh, pub, restoran, hingga hotel di sana, semuanya memiliki standar tinggi.

Bologna, Italia

Masakan Bologna tersohor sangat bercita rasa, dengan bumbu yang sangat lezat. Menu utama di sana adalah daging babi, namun yang paling terkenal adalah produk daging awetan, seperti mortadella, cotechino, dan prosciutto (yang tidak semuanya berbahan babi), juga berbagai pasta seperti tortellini, tagliatelli, paglia e fieno, dan parmigiano reggiano.

Jika ingin menikmati makanan klasik orang Italia,kita bisa mencari di Al Pappagallo. Sedangkan untuk merasakan kekayaan kuliner Italia,kita bisa mengunjungi pasar Via Clavature, yang menyajikan kekayaan kuliner Italia dalam aneka ragam hidangan.

Las Vegas, Amerika

Las Vegas tidak hanya terkenal sebagai kota kasino, tapi juga kota kuliner. Di kota ini, ada banyak orang kaya berkeliaran, dan mereka menginginkan makanan yang lezat. Karenanya, banyak chef kelas dunia yang membuka cabang restoran mereka di sana, di antaranya Gordon Ramsay, Mario Batali, Thomas Keller, dan Emeril Lagasse.

Beberapa restoran yang sangat populer di Las Vegas di antaranya adalah Guy Savoy (menyediakan daging sapi muda panggang dengan saus mentega), Commander’s Palave, Firefly, juga Joel Robuchon yang meraih tiga Bintang Michelin. Selain enak dan lezat, hidangan masakan di Las Vegas bisa dibilang berkelas.

Ludlow, Inggris

Ludlow adalah kota kecil di Inggris, yang penduduknya hanya sekitar 10.000 orang. Meski begitu, kota ini memiliki jumlah restoran sangat banyak, bahkan terbanyak kedua setelah London.

Karenanya tidak heran jika Ludlow terkenal sebagai kota kuliner. Di sana, berbagai restoran dengan hidangan mewah siap menanti, dankita tidak perlu antre untuk memasukinya, karena jumlah restoran sangat berlimpah di sana.

Palermo, Italia

Palermo merefleksikan budaya kuliner Sisilia dengan sempurna. Di kota ini, berbagai sayuran, ikan, dan butiran gandum, tersaji dalam berbagai rasa khas Mediterania dan Timur Tengah.

Tempat paling terkenal untuk mendapatkan sajian terbaik di Palermo adalah di Il Mulinazzo dan Osteria Altri Tempi, yang menyajikan rasa klasik khas Sisilia, seperti Vampaciucia c’Anciova, sajian pasta dengan tomat, anchovies, dan anggur. Ada pula Focacce, roti yang digoreng dalam minyak sapi, dengan isi limpa dan paru-paru sapi.

Selain dua tempat yang telah disebut, tempat lain yang sama populer di sana adalah Ballaro Market, yang menyediakan berbagai bahan makanan segar khas Sisilia.

Gothenburg, Swedia

Bintang Michelin adalah penghargaan yang khusus diberikan untuk restoran terbaik berdasarkan standar dunia. Tidak setiap restoran bisa mendapatkan penghargaan ini. Tetapi, Kota Gothenburg memiliki lima restoran yang telah mendapatkan penghargaan bergengsi tersebut, yaitu Basement, Fond, 28+, Sjömagasinet, dan Kock & Vin.

Gothenburg adalah kota terbesar di Swedia yang dihuni sekitar setengah juta orang, dan chef terbaik di dunia rata-rata tinggal di kota ini. Karenanya, untuk urusan makan, Gothenburg tak perlu diragukan.

Luxembourg City, Luksemburg

Luksemburg memperoleh pengaruh budaya kuliner dari Prancis, Belgia, dan Jerman. Negara kecil ini dihuni oleh sekitar setengah juta orang, dan memiliki selusin restoran yang mendapatkan anugerah Bintang Michelin.

Sementara Luxembourg City, ibu kota Luksemburg, memiliki beberapa restoran dengan 3 Bintang Michelin. Hidangan paling terkenal di sana adalah ikan segar dan berbagai kreasi cake serta pastry.

Mougins, Prancis

Di Prancis, Mougins hanyalah kota kecil. Tapi di kota kecil ini terdapat setidaknya 50 restoran, dengan sederet nama chef kelas dunia yang membuka restoran di sana. Hal itu menjadikan Mougins terkenal sebagai kota kuliner kelas dunia. Cuaca Mougins yang sejuk—yang menjadikan perut mudah lapar—benar-benar pas dengan yang tersedia di sana.

San Sebastian, Spanyol

Daerah Basque, Spanyol, adalah daerah yang terkenal dengan tapas, yaitu makanan kecil ala Spanyol dengan rasa luar biasa dan khas Spanyol. San Sebastian, yang terletak di daerah Basque, merupakan kota yang disebut sebagai “pusat budaya tapas”.

Selain tapas, San Sebastian juga memiliki berbagai sajian kuliner, dari seafood ala Cina, Prancis, Italia, Jerman, hingga khas Basque. Di kota ini setidaknya ada tiga restoran yang telah mendapat penghargaan 3 Bintang Michelin.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Makanan & Minuman 6051817355598821199

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item