Kota-Kota Mana yang Memiliki Gedung Pencakar Langit Terbanyak?

Kota, Gedung Pencakar Langit, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Dubai, Uni Emirat Arab/brito.id
Istilah “gedung pencakar langit” sebenarnya bukan ditujukan untuk gedung-gedung yang sekadar tinggi, melainkan gedung yang tingginya lebih dari 200 meter. Karenanya, jika ukuran tinggi suatu gedung tidak mencapai 200 meter, maka belum bisa dikategorikan sebagai gedung pencakar langit.

Gedung-gedung pencakar langit biasanya dibangun di kota-kota besar yang padat penduduk. Gedung-gedung itu bisa difungsikan sebagai hunian atau apartemen, hotel, perkantoran, tempat belanja, dan lain-lain.

Membangun gedung yang menjulang tinggi ke atas sama artinya menghemat lahan, karena gedung tersebut hanya menyita sedikit tanah di bawah. Karena itu pula, seperti yang disebut tadi, gedung-gedung pencakar langit umumnya dibangun di kota besar yang padat, tempat lahan sangat sulit didapat.

Terkait gedung pencakar langit, berikut ini adalah kota-kota di dunia yang memiliki gedung pencakar langit terbanyak.

Dubai, Uni Emirat Arab 

Terletak di sepanjang pantai selatan Teluk Persia, Dubai menjadi kota yang paling banyak memiliki gedung pencakar langit. Total gedung tinggi di Dubai, yang mencapai tinggi 200 meter, berjumlah 81 gedung.

Di Dubai juga terdapat gedung tertinggi di dunia, yaitu Burj Khalifa. Selain itu, di Dubai juga ada kawasan Dubai Marina, yang merupakan kawasan elite, tempat bangunan di sana memiliki tinggi rata-rata di atas 200 meter.

New York, Amerika Serikat

New York bisa dibilang sebagai kota pertama yang memiliki gedung pencakar langit, karena gedung tinggi semacam itu pertama kali dibangun di New York. Kota yang merupakan negara bagian Amerika Serikat ini berada di wilayah antara Atlantik Tengah dan Timur Laut, dari Amerika Serikat.

Empire State Building adalah salah satu ikon gedung pencakar langit di sana. Sementara total gedung pencakar langit yang dimiliki New York mencapai 80 gedung.

Shenzhen, Cina

Bersebelahan dengan Hong Kong, Shenzhen adalah kota bagian tenggara Cina. Semula, Shenzhen adalah desa kecil, tapi kemudian berkembang pesat, hingga ditetapkan sebaga sebuah kota.

Dalam dua puluh tahun terakhir, perkembangan di Shenzhen bahkan semakin pesat, hingga memaksa kota ini membangung gedung-gedung tinggi untuk berbagai kebutuhan. Kini, Shenzhen telah memiliki 70 gedung pencakar langit, yang paling terkenal adalah Ping An IFC, KK 100, dan Shun Hing Center.

Hong Kong 

Sejak dulu, Hong Kong telah dikenal sebagai kota bisnis, yang mulai berkembang pesat ketika kolonial Inggris menggunakan Hong Kong sebagai pusat ekonomi Asia.

Sempitnya wilayah, pertumbuhan penduduk, dan berkembang pesatnya kota ini, menjadikan Hong Kong membangun gedung-gedung tinggi pencakar langit, yang kini jumlahnya mencapai 64 gedung.

Selain banyak memiliki gedung tinggi, Hog Kong juga terkenal dengan pemandangan malamnya, saat kota ini berwarna-warni dengan aneka lampu di gedung-gedung tersebut.

Shanghai, Cina

Merupakan kota terbesar di Cina, dalam beberapa dekade terakhir Shanghai mengalami perkembangan yang pesat. Kini, Shanghai telah menjadi pusat ekonomi, perdagangan, finansial, hingga komunikasi terpenting di Cina.

Perkembangan pesat itu pula yang menjadikan Shanghai terus membangun gedung-gedung tinggi pencakar langit, yang kini telah mencapai 50 gedung. Salah satu gedung tinggi di sana, yaitu Shanghai Tower, menjadi gedung tertinggi ketiga di dunia.

Mumbai, India

Bisa dibilang, Mumbai adalah New York-nya India. Kota ini memiliki populasi penduduk yang sangat banyak, sekaligus menjadi pusat ekonomi. Karenanya, Mumbai terus sibuk, tak pernah berhenti beraktivitas, mirip New York sebagai “kota yang tak pernah tidur”.

Bahkan, para miliarder India banyak bermukim di Mumbay, yang menunjukkan kalau Mumbay adalah kota penting, khususnya dalam hal ekonomi atau keuangan. Kini, Mumbay telah memiliki 50 gedung pencakar langit. World One Mumbai menjadi gedung tertinggi di sana, sekaligus di India.

Jakarta, Indonesia 

Jakarta tidak hanya menjadi ibu kota Indonesia, tapi bahkan menjadi jantung yang mempengaruhi kehidupan banyak hal di negeri ini. Jakarta menjadi pusat ekonomi, keuangan, hiburan, dan lain-lain, hingga banyak warga dari tempat lain berdatangan ke Jakarta demi mencari penghidupan.

Terus sesaknya penghuni Jakarta menjadikan lahan di sana semakin sempit, dan dibangunlah gedung-gedung yang menjulang ke atas. Kini, Jakarta telah memiliki 43 gedung pencakar langit, menjulang di antara penuh sesaknya ibu kota.

Kota-kota lain

Selain kota-kota yang telah disebut di atas, ada beberapa kota lain yang juga memiliki gedung-gedung tinggi pencakar langit dalam jumlah banyak. Berikut ini daftarnya:
  • Tianjin, Cina (39 gedung)
  • Chongqing, Cina (35 gedung) 
  • Manila, Filipina (35 gedung)
  • Kuala Lumpur, Malaysia (31 gedung)
  • Guangzhou, Cina (30 gedung)
  • Chicago, Amerika (29 gedung) 
  • Singapura (29 gedung)
  • Nanjing, Cina (28 gedung)
  • Tokyo, Jepang (27 gedung)
  • Chengdu, Cina (24 gedung)
  • Shenyang, Cina (24 gedung)
  • Toronto, Kanada (22 gedung)
  • Panama City, Panama (21 gedung)
  • Bangkok, Thailand (20 gedung)

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 393411722990421068

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item