Apakah NASA Punya Rencana Mengirim Astronot ke Bulan Lagi?

NASA, Astronot, Bulan, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com
Ilustrasi/winnetnews.com
Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) pernah mengirim astronot ke Bulan, pada Juli 1969, dan menjadikan Neil Armstrong sebagai manusia pertama yang menginjakkan kaki di Bulan. Apakah di masa sekarang NASA punya rencana mengirim astronot lain ke Bulan?

NASA memang memiliki rencana itu, bahkan mungkin dalam waktu dekat. Sekian tahun yang lalu, mereka meluncurkan wahana LCRoS (Lunar Crater Observation and Sensing Satellite) di Cape Canaveral, AS. Wahana ini adalah bagian dari misi Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO), yaitu persiapan program mengembalikan astronot ke Bulan pada 2020, setelah terakhir dilakukan pada 1969-1972.

Kali ini, tujuan NASA tidak hanya sekadar mengirim manusia ke Bulan untuk menginjakkan kakinya di sana.

Sasaran utama misi LCRoS adalah untuk memastikan ada tidaknya air beku, yang dipercaya berada di kawasan kawah gelap dekat kutub Bulan. Dibantu dengan LRO yang memetakan permukaan di Bulan secara detail, kedua misi baru ini mengisyaratkan hal besar; menancapkan tonggak baru soal kemungkinan membangun koloni di luar bumi!

Craig Tooley, LRO Project Manager, mengatakan, “Pengetahuan kita tentang Bulan secara keseluruhan saat ini masih minim. Kita punya peta lebih baik tentang Mars, tetapi tidak untuk Bulan kita sendiri.” Sekarang kita bisa menunggu kabar selanjutnya.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 8616390767193924789

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item