Sebanyak Apa Garam yang Terkandung di Dalam Lautan?

Garam, Lautan, belajarsampaimati.com, belajar sampai mati
Ilustrasi/job-like.com
Lautan di bumi jauh lebih luas dibandingkan daratan, dan laut memiliki kedalaman sampai ratusan meter. Dari waktu ke waktu, laut mengumpulkan mineral-mineral garam dari seluruh penjuru dunia, lewat air hujan yang meresap ke tanah, lalu masuk ke sungai, dan bermuara di lautan.

Karena kenyataan itu, jumlah garam yang ada di lautan pun sangat banyak, karena terkumpul selama ribuan tahun. Diperkirakan, kadar garam laut di bumi sekitar 5 x 10 pangkat 16 ton garam. Jika semua garam di laut disebarkan ke seluruh permukaan daratan bumi, tebalnya kira-kira 40 gedung bertingkat. Atau sekitar 1,02338 gram per kubik.

Banyaknya garam itulah yang menjadikan tingkat keasinan air laut lebih asin 220 kali daripada air di tempat lain.

Meski sama-sama mengandung garam, namun salinitas atau kadar garam di laut bisa bervariasi. Rata-rata salinitas samudera sekitar 3,5%. Artinya, dalam 1 liter (1.000 ml) air laut terdapat 35 gram garam (terutama, namun tidak seluruhnya, garam dapur/NaCl).

Salinitas laut tertinggi terdapat di Laut Merah, sedangkan yang paling tawar ada di timur Teluk Finlandia dan di utara Teluk Bothnia, keduanya bagian dari Laut Baltik.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 4840376038496559090

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item